Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspadai 7 Gejala Covid-19 Jenis Baru, Benarkah Lebih Ganas?

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 27 Desember 2020 08:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 27 620 2334387 waspadai-7-gejala-covid-19-jenis-baru-benarkah-lebih-ganas-aV54JQKyq3.jpg Sakit kepala bisa jadi gejala Covid-19 jenis baru (Foto : Freepik)

Covid-19 jenis baru menimbulkan kekhawatiran bagi masyarakat di dunia. Karena, virus corona jenis baru ini dikabarkan lebih ganas dibanding sebelumnya.

Muncul pertama kali di Inggris, mutasi virus corona ini diberi nama VUI 202012/01. Menyertakan mutasi genetik pada protein “spike” yang dapat menjadi penyebab penyebaran virus secara langsung dan mudah di antara manusia.

Kini muncul pertanyaan, apakah gejala Covid-19 jenis baru ini sama dengan sebelumnya? National Health Service (NHS), menjelaskan ada 7 gejala virus corona jenis baru ini.

Tujuh gejala baru tersebut ialah, kelelahan lalu hilangnya selera makan, sakit kepala, diare, linglung atau kebingungan, nyeri otot, hingga ruam-ruam pada kulit.

pusing

Menurut peneliti dari King's College, jika mengalami gejala baru seperti yang disebutkan di atas, maka besar kemungkinan itu adalah pertanda orang tersebut terinfeksi Covid-19.

“Jika Anda mengalami gejala baru itu, mungkin itu adalah Covid-19. Jangan ambil risiko, maka Anda dan keluarga harus segera mengisolasi diri dan menjalani tes sesegera mungkin,” kata sang peneliti.

Baca Juga : Epidemiolog Prediksi Virus Corona Varian Baru Sudah Masuk Indonesia

Untuk diketahui, baru-baru ini Kementerian Kesehatan Singapura melaporkan bahwa ada satu orang warganya terkonfirmasi terinfeksi Covid-19 baru asal Inggris yang sangat menular tersebut.

Pasien diketahui merupakan seorang gadis asli Singapura berusia 17 tahun yang bersekolah di Inggris sejak Agustus 2020. Pasien melakukan perjalanan dari Inggris ke Singapura pada 6 Desember.

Esok harinya, pasien tersebut mengalami demam, salah satu gejala umum Covid-19. Setelahnya pada 8 Desember 2020, pasien dipastikan positif Covid-19.

Benarkah Covid-19 jenis baru lebih ganas?

Benarkah Covid-19 jenis baru lebih ganas? Pertanyaan tersebut mungkin menjadi kekhawatiran hampir sebagian besar masyarakat di dunia saat ini.

Covid-19 jenis baru bernama VUI-202012/01 ini diketahui sangat menular dibandingkan strain Covid-19 yang lainnya. Namun, ahli Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), dr Syahrizal Syarif, MPH, PhD, menegaskan sampai sekarang peneliti mengungkapkan penyakit tersebut belum terbukti lebih ganas atau mematikan.

Covid-19

"Covid-19 jenis baru itu memang lebih menular, tapi belum ada bukti bahwa dia lebih ganas atau mematikan," terang dr Syahrizal.

Covid-19 yang pertama kali ditemukan pada akhir Desember memiliki karakter yaitu 'Ro basic reproduction rate' atau kemampuan menularnya 4, sedangkan strain yang baru ini 6,8.

"Artinya, jika satu orang sakit Covid-19 dia bisa menular ke 4 orang yang rentan. Sedangkan, pada situasi strain baru, virusnya bisa menular ke 6 hingga 7 orang yang rentan," papar dr Syahrizal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini