Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pesawat N219 Nurtanio Diyakini Bisa Bersaing di Dunia Penerbangan

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Senin 28 Desember 2020 13:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 28 620 2334910 pesawat-n219-nurtanio-diyakini-bisa-bersaing-di-dunia-penerbangan-ya6bl9p8eV.jpg Ilustrasi (Foto: Sindonews)

JAKARTA - Pemerintah meyakini Pesawat N219 Nurtanio akan mampu bersaing dengan produk negara-negara lain. Karena itu, pesawat N219 memiliki efisiensi bahan bakar yang tinggi.

Untuk bersaing dengan bisnis aviasi dunia, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan PT Dirgantara Indonesia (Persero) atau PTDI harus bekerja secara gigi.

"Pengembangan pesawat ini kami apresiasi sebagai suatu pesawat dengan efisiensi bahan bakar yang tinggi yang tentu akan siap bersaing dengan produk internasional," ujar Budi, Jakarta, Senin (28/12/2020).

Bahkan, dia meminta agar Pesawat N219 Nurtanio tidak saja diperjualbelikan di pasar domestik, namun juga di pasar internasional. Langkah itu bisa dilakukan bila pihak LAPAN dan PTID melakukan inovasi dan mengembangkan infrastruktur hasil buah tangan dan kerja almarhum BJ Habibie tersebut.

"PTDI dan LAPAN untuk bekerja keras untuk melakukan inovasi agar apa yang kita hasilkan menjadi suatu kebanggaan anak bangsa dan bisa tidak saja di jual di Indonesia tapi juga bisa di jual di luar negeri," ujar dia.

Dunia aviasi sangat menantang dan membutuhkan upaya yang dilakukan dengan cara yang gigih juga. Budi bilang, upaya pembangunan Pesawat N219 Nurtanio yang dilakukan oleh almarhum BJ. Habibie bukanlah hal muda. Karena itu, dalam momentum penyerahan sertifikasi dan kerja sama antara LAPAN dan PTDI harus terus dilakukan. Kementerian Perhubungan sendiri akan mendukung semua program kedua yang nantinya dilakukan pada 2021 mendatang.

"Kita tahu upaya ini tidak muda, tapi kerja sama LAPAN dan PT Dirgantara Indonesia, dan kami mendukung kegiatan tersebut. Kita tahu bahwa, kita di masa N250 beberapa tahun yang lalu, bapak Presiden ketiga kita, Bapak BJ. Habibie, membuat satu pesawat yang membanggakan itu," katanya.

Karena itu, dia menyampaikan, rasa bangga dan berjanji akan melakukan suatu kerja sama yang baik dan memberikan dukungan positif kepada LAPAN Dirgantara Indonesia untuk segera melakukan pekerjaan lanjutan di tahun-tahun mendatang. Bahkan, Kementerian Perhubungan sendiri akan berencana membeli pesawat untuk mendukung kegiatan Kementerian di aspek penerbangan.

(Baca Juga: Sertifikasi Pesawat N219 Nurtanio, Menhub: Ini Sejarah)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini