Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Punya Masalah Kulit Kombinasi? Ini 7 Cara Ampuh Mengatasinya

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Selasa 29 Desember 2020 12:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 29 620 2335545 punya-masalah-kulit-kombinasi-ini-7-cara-ampuh-mengatasinya-NsCMv2XkL3.jpg Ilustrasi mengatasi masalah kulit kombinasi di wajah. (Foto: Senivpetro/Freepik)
A A A

MERAWAT kulit tentunya harus sesuai dengan jenisnya. Perawatan untuk jenis kulit kering, berminyak, berjerawat, atau bahkan masalah kulit kombinasi seperti ini membutuhkan rangkaian produk dan bahan yang berbeda-beda.

Misalnya untuk masalah kulit kombinasi, biasanya berminyak di zona T pada wajah. Cara mengatasinya, kamu harus lebih teliti dan tidak terburu-buru.

Baca juga: Rajin Merawat Kulit Mampu Jaga Kesehatan Mental 

Mungkin memang tidak selalu mudah untuk merawatnya, tetapi jangan mudah terpancing menggunakan produk berdasarkan rekomendasi orang lain. Ini dikarenakan mungkin saja produk itu cocok untuk dia, tapi tidak buat kamu.

Oleh karena itu, kamu bisa mencoba melakukan hal-hal ini untuk mengatasi masalah pada kulit kombinasi. Apa saja? Berikut paparannya, seperti dilansir Healthline.

1. Simpan bahan penyerap minyak dan hasil matte

Untuk mengurangi sifat berminyak yang berlebihan, sebaiknya gunakan produk perawatan kulit yang menyerap minyak dan membuat kulit menjadi matte. Tapi hati-hati, produk ini dapat mengiritasi area kering pada wajah. Jadi aplikasikan dengan tepat. Oleskan di area yang dibutuhkan saja.

2. Cadangan emolien untuk area kering

Oleskan pula produk pelembap hanya pada area kering. Jika dipalikasikan ke area yang berminyak juga, ini hanya akan membuat area tersebut makin berminyak.

Baca juga: Kurang Minum Bahayakan Kesehatan Kulit, Ini yang Bisa Terjadi 

3. Jangan takut untuk mix and match

Menurut Tanya Kormeili MD, dokter kulit bersertifikat di Santa Monica, California, kamu harus menilai kulit setiap hari dan ubah rutinitas agar sesuai. Misalnya jika sedang mengalami kulit yang teriritasi, kurangi perawatan kulit yang mengeringkan dan gunakan lebih banyak pelembab. Kamu juga bisa menggunakan perawatan tertentu sekali dalam seminggu, atau bergantian menggunakan serum berbeda.

4. Ketahui kapan harus melapisi atau melewati

Beberapa bahan seperti asam alfa hidroksi (AHA) dan asam beta hidroksi (BHA) dipercaya bisa bermanfaat untuk wajah. Biasanya ini tidak masalah untuk melapisi produk yang kaya akan hidrasi di atas area kering. Sementara untuk kulit sensitif gunakan sedikit saja. Untuk kulit berminyak, pakai bahan yang lebih ringan.

Follow Berita Okezone di Google News

5. Hindari produk dengan wewangian berlebihan atau penyebab iritasi lainnya

Produk apa pun yang mengandung bahan keras seperti wewangian atau alkohol dapat mengiritasi kulit kering dan berminyak. Area yang kering bisa menjadi lebih kering, sementara bagian yang berminyak bisa menghasilkan lebih banyak minyak, akhirnya berpotensi menimbulkan jerawat.

Baca juga: Alami Kulit Kering? Atasi Pakai 7 Bahan Rumahan Ini Saja 

6. Pilihlah produk non-komedogenik

Untuk menghindari pembengkakan kulit berminyak dan berjerawat, coba gunakan lotion dan ramuan non-komedogenik. Ini untuk mencegah penyumbatan pori-pori.

7. Tetap terhidrasi

Selain mengaplikasikan produk perawatan wajah, minum air yang cukup juga dapat membantu melembapkan kulit wajah serta menghentikan produksi minyak berlebih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini