Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lewis Hamilton Bakal Diberi Gelar Ksatria oleh Kerajaan Inggris

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 31 Desember 2020 14:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 31 620 2336898 lewis-hamilton-bakal-diberi-gelar-ksatria-oleh-kerajaan-inggris-XpMBxdveGw.JPG Lewis Hamilton akan diberi gelar ksatria (Foto: Reuters/Wolfgang Rattay)

LONDON – Keberhasilan Lewis Hamilton menjuarai Formula One (F1) 2020 berbuah penghargaan dari Kerajaan Inggris. Pembalap berusia 35 tahun itu akan diberi gelar ksatria dari Kerajaan Inggris sehingga namanya akan berubah menjadi Sir Lewis Hamilton.

Seperti diketahui, Lewis Hamilton sukses menyamai rekor gelar juara dunia terbanyak sepanjang masa yang disandang Michael Schumacher, yakni tujuh buah. Sebanyak enam gelar juara dunia dibukukan pria asal Inggris itu dalam tujuh tahun terakhir bersama Mercedes AMG Petronas.

Dominasi Lewis Hamilton bersama Mercedes AMG Petronas pada era mesin hibrida (sejak 2014) memang tidak terbantahkan. Pembalap kelahiran Stevenage itu total menyabet 74 kemenangan bersama Mercedes sejak 2013. Ia bahkan menjadi pembalap dengan jumlah kemenangan terbanyak yakni 95.

Baca juga: Renungan Lewis Hamilton, 2020 Jadi Salah Satu Tahun Tersulit

Lewis Hamilton melintasi garis finis (Foto: Reuters/Giuseppe Cacace)

Segala pencapaian itu jelas layak diganjar penghargaan tertinggi dari Kerajaan Inggris. Sebab, Lewis Hamilton mampu mengharumkan nama Inggris lewat ajang balap F1. Namanya masuk dalam daftar penerima penghargaan ksatria yang akan diberikan awal tahun 2021.

Kabar tersebut disambut baik oleh CEO F1, Stefano Domenicali. Menurutnya, apa yang dicapai oleh Lewis Hamilton sungguh fenomenal. Sembari mengirim selamat, pria asal Italia itu berharap pencapaian sang pembalap akan terus berlanjut musim depan.

“Lewis Hamilton adalah nama besar sesungguhnya di olahraga ini dan pengaruhnya sangat luar biasa baik di dalam dan luar mobil. Pencapaiannya sungguh fenomenal dan masih banyak lagi yang akan datang,” tutur Stefano Domenicali, dikutip dari laman resmi F1, Kamis (31/12/2020).

“Saya dan kami semua di F1 mengucapkan selamat atas pengakuan yang layak ini. Kami menantikan lebih banyak momen brilian dari sang pembalap pada F1 2021,” imbuh mantan Prinsipal Tim Scuderia Ferrari tersebut.

Sekadar informasi, Lewis Hamilton belum pasti membalap pada Kejuaraan Dunia F1 2021. Hingga saat ini, belum ada kepastian soal perpanjangan kontraknya dengan Mercedes AMG Petronas. Andai diperpanjang, ia akan menjadi pembalap aktif F1 pertama yang bergelar ksatria.

Lewis Hamilton total mengoleksi 95 kemenangan (Foto: Reuters)

Gelar kehormatan tersebut sudah cukup sering diberikan kepada tokoh dunia balap, termasuk F1. Ada tiga mantan pembalap yang mendapat kehormatan itu, yakni Sir Jackie Stewart, Sir Stirling Moss, dan Sir Jack Brabham.

Sementara itu, dua orang lainnya bukan berstatus pembalap. Sir Frank Williams adalah pemilik dari Tim Williams dan Sir Patrick Head yang merupakan Direktur Tenik Tim Williams. Keduanya merupakan tokoh kunci dari gelar juara dunia yang diraih tim asal Inggris itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini