Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ada Kerutan di Wajah? Atasi dengan 4 Cara Ampuh Ini

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Kamis 31 Desember 2020 15:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 31 620 2336927 ada-kerutan-di-wajah-atasi-dengan-4-cara-ampuh-ini-SXp2JZEemV.jpg Ilustrasi munculnya kerutan di wajah. (Foto: Jcomp/Freepik)

KERUTAN di wajah adalah tanda awal penuaan, dan paling terlihat. Banyak faktor yang memengaruhi kerutan atau kulit keriput pada kulit wajah.

Kerutan di wajah biasanya muncul di bagian dahi dan sekitar mata. Area tubuh ini juga paling banyak terpapar sinar matahari, penyebab utama kerutan lainnya. Ekspresi wajah seperti mengerutkan kening atau menyipitkan mata juga bisa jadi menyebabkan kerutan di dahi.

Baca juga: Manfaat Konsumsi Mangga untuk Mengurangi Kerutan Wajah 

Meskipun setiap orang tidak dapat menghindari penuaan kulit, Anda bisa menunda prosesnya dan mengurangi munculnya kerutan.

Seperti dikutip dari Healthsite, Kamis (31/12/2020), berikut ini cara alami mencegah atau mengurangi kerutan di wajah.

Kerutan di wajah. (Foto: Freepik)

1. Jaga kulit tetap terhidrasi

Minumlah air yang cukup untuk menjaga kulit Anda terhidrasi dengan baik dan menangkal tanda-tanda penuaan dini. Minimal 6 hingga 8 gelas air sehari untuk dapat memberikan keajaiban bagi kulit Anda dan juga kesehatan tubuh.

Baca juga: Tak Cuma Tidur Telentang, Ini Loh Cara Hindari Kerut Halus di Wajah 

2. Senam wajah

Ada banyak senam wajah yang dapat mengatasi masalah ini dengan mendorong pertumbuhan otot yang mendasarinya. Misalnya, olahraga "karet" dapat membantu mengurangi munculnya kerutan horizontal di dahi. Letakkan tangan Anda di tepi garis rambut di dahi dan punggung Anda sedikit dengan tangan. Kerutkan bibir Anda dalam bentuk huruf "O" dan lihat ke bawah. Tahan pose ini selama 10 detik. Ulangi latihan ini 20 kali.

3. Kompres dingin

Sebuah studi pada tahun 2015 yang diterbitkan dalam Jurnal Bedah Dermatologi menyarankan terapi dingin terfokus (FCT) sebagai pendekatan yang efektif, aman, dan tidak beracun untuk mengurangi kerutan dahi hiperdinamik. Terapi dingin dapat membuat kulit terhidrasi, ternutrisi, serta mendapat oksigen yang cukup.

Baca juga: Tanda Penuaan Dini di Usia Muda, Bukan Cuma Kulit Berkerut 

4. Gunakan gel aloevera

Lidah buaya memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan pelindung ultraviolet. Dengan mengoleskan gel lidah buaya dapat membantu mengembalikan kelembapan pada kulit yang akan mengurangi kekeringan dan kerutan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen lidah buaya dapat mengurangi munculnya kerutan dengan cara meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini