Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Anak Jadi Sosok Cerdas? Ini Tipsnya ala Oki Setiana Dewi

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 01 Januari 2021 15:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 01 620 2337353 ingin-anak-jadi-sosok-cerdas-ini-tipsnya-ala-oki-setiana-dewi-pDeJvK0E9K.jpg Oki Setiana Dewi dan keluarga. (Foto: Instagram @okisetianadewi)

ARTIS Oki Setiana Dewi mengatakan anak harus dididik menjadi pribadi yang baik dan menyenangkan. Pendidikan tersebut pun harus dilakukan orang-orang terdekat si anak, terutama ibunya.

"Tugas ibu yang utama adalah mendidik anak. Ibu adalah ujung tombak. Tugas ibu memperbaiki, membuat nyaman di rumahnya," kata Oki saat melakukan webinar bertajuk 'Seni Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia' belum lama ini.

Baca juga: 7 Tanda Anak Alami Mata Malas, Yuk Segera Diatasi 

Ia mengatakan, apabila ingin memiliki anak yang cerdas, pintar, dan mempunyai pengetahuan agama yang kuat, ada beberapa tahapan yang harus dilewati.

Hal ini juga berlaku untuk orangtua. Di mana harus memberikan hal-hal positif sedini mungkin. Misalnya, ibu dan ayahnya memperbaiki diri terlebih dahulu. Kedua orangtua harus membekali dirinya dengan ilmu.

Ilustrasi anak-anak. (Foto: Rawpixel/Freepik)

Sementara itu, dilansir laman EDSYS, pendidikan anak dimulai dari rumah. Orangtua adalah guru pertama mereka dan memiliki peran kunci dalam membentuk karakter tiap anak.

Keseimbangan pendidikan di rumah serta sekolah membentuk pembelajaran anak yang sebenarnya. Peran mereka tidak hanya terbatas di rumah, tetapi juga terlibat dalam kegiatan sekolah.

Baca juga: Anak Usia 5 Tahun Lebih Masih Mengompol, Wajarkah? 

Ada beberapa tips supaya anak tumbuh menjadi seseorang yang cerdas dan pintar, yaitu:

1. Jadilah panutan

Anak-anak akan mudah terinspirasi oleh apa yang dilakukan orangtuanya. Jadi alangkah baiknya menjadi panutan dalam tahap pembelajaran mereka. Orangtua adalah guru pertama bagi anak-anak sehingga belajar hal pertama bersama-sama di rumah.

2. Membaca bersama

Melakukan sesuatu bersama dengan orangtua akan memberi mereka rasa dukungan dan kepercayaan diri. Membaca pelajaran bersama adalah salah satu cara terbaik untuk dekat dengan pembelajaran anak di sekolah.

3. Awasi aktivitas anak

Penting untuk memerhatikan aktivitas anak di sekolah dan rumah. Kebiasaan umum mereka terkait erat dengan kinerja mereka dalam studi.

4. Memberikan suasana yang menyenangkan

Orangtua harus memastikan bahwa anak-anak diberikan suasana yang damai dan menyenangkan di rumah.

Sebaiknya hindari membahas masalah keluarga di hadapan anak-anak dan jangan membuat kekacauan di rumah dengan pertengkaran yang tidak perlu.

Baca juga: Pengin Anak Tumbuh Optimal? Yuk Terapkan 15 Stimulasi Penting Ini 

5. Jadilah teman yang baik

Terakhir, penting untuk menjadi teman baik anak Anda. Beri mereka ruang untuk berbagi apa pun yang muncul di benaknya dan mengungkapkan perasaan yang sebenarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini