Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lakukan Ini saat Ingin Menyerah, Salah Satunya Punya Rencana B

Uthari Handayani, Jurnalis · Senin 04 Januari 2021 10:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 04 620 2338358 lakukan-ini-saat-ingin-menyerah-salah-satunya-punya-rencana-b-3BzetsjBaG.jpg Ilustrasi melawan rasa ingin menyerah. (Foto: Freepik)

SEMPAT merasa ingin menyerah adalah perasaan normal manusia ketika menghadapi banyak rintangan. Merasakan kondisi itu tidak apa-apa, tapi jangan sampai menyerah, itulah masalahnya.

Pada dasarnya otak manusia terhubung dengan permintaan imbalan. Jadi ketika tidak segera mendapat apa yang diinginkan, cenderung gampang cemas dan seakan ingin menyerah.

Baca juga: Resep Ayam Lada Hitam, Hidangan Spesial untuk Dinikmati Bareng Keluarga 

Lantas, apa saja yang harus dilakukan saat rasa ingin menyerah makin menjadi? Ini yang harus diterapkan, seperti dirangkum dari Lifehack, Senin (4/1/2021).

Ilustrasi pantang menyerah. (Foto: Freepik)

1. Ingat tujuan awal

Tarik lagi diri ke tujuan awal. Bagaimana menginginkannya dengan banyak rencana dan konsep yang telah tercipta. Memulai memang mudah, tapi menjalaninya sulit. Jadi, terapkan di pikiran bahwa kamu bisa menyelesaikannya walaupun banyak rintangan.

Baca juga: 9 Manfaat Alami Madu, Redakan Batuk hingga Hilangkan Ketombe 

2. Apa alasan kamu ingin menyerah

Ketahuilah apa alasan kamu ingin menyerah. Apakah lelah secara fisik? Atau, merasa tidak ada yang mendukung? Sekali tahu faktor apa saja yang membuat ingin menyerah, kamu akan selalu bisa menanganinya.

3. Membuat rencana A dan B

Selalu tulis daftar apa saja yang ingin kamu capai. Dengan begitu saat merasa ingin menyerah, dengan melihatnya kamu bisa teringatkan kembali. Lalu juga selalu punya rencana B. Ini akan membantu kamu memilih alternatif lain dari rencana A. Setidaknya tidak akan ada perasaan menyesal saat harus berhenti di tengah jalan dan beralih ke rencana lain.

Baca juga: Musim Hujan di Tengah Pandemi, Ikuti Langkah Ini Supaya Tetap Sehat 

4. Rayakan keberhasilan tidak peduli seberapa besar

Kamu berhak atas segala keberhasilan yang telah dicapai. Sedikit perayaan akan membuat kamu lebih bersemangat lagi untuk hal yang lebih besar.

5. Bersyukur

Syukurilah segala kebaikan yang datang selama kamu berjuang. Saat mengganti fokus dari menyerah ke bersyukur, kamu akan mendapatkan sedikit pencerahan. Mungkin saja dengan tidak menjalani perjuangan ini kamu tidak akan mendapatkan kebaikan tersebut. Jadi semangatlah dan bangkit lagi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini