Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Supaya Hidup Lebih Baik, Ini 5 Hal yang Harus Direncanakan Beberapa Tahun ke Depan

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Senin 04 Januari 2021 11:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 04 620 2338380 supaya-hidup-lebih-baik-ini-5-hal-yang-harus-direncanakan-beberapa-tahun-ke-depan-QzSKuoesFU.jpg Ilustrasi hidup lebih baik. (Foto: Freepik)

SUPAYA hidup lebih baik, mulailah membuat rencana untuk beberapa waktu mendatang. Tujuannya membuat kehidupan lebih terencana dan memiliki target yang hendak diraih.

Beberapa orang mungkin tidak menganggap penting rencana kehidupan ini dan berpikir itu bukanlah sesuatu yang diharuskan dalam menjalani kehidupan. Namun ada juga beberapa orang yang memiliki rencana untuk kehidupan lebih baik di masa mendatang.

Baca juga: 9 Manfaat Alami Madu, Redakan Batuk hingga Hilangkan Ketombe 

Jika iya, apakah Anda sudah yakin dengan rencana yang dibuat itu? Apabila masih merasa ragu dan takut akan rencana tersebut, cobalah melakukan lima hal berikut untuk berusaha memastikan masa depan yang bahagia dan sukses, seperti dilansir Lifehack.

1. Putuskan apa yang ingin dicapai dalam beberapa tahun ke depan

Putuskan apa yang ingin Anda rencanakan dalam beberapa tahun ke depan. Dari memulai bisnis sendiri hingga membeli rumah pertama. Perencanaan adalah bagian penting untuk memastikan Anda mendapatkan apa yang diinginkan.

Hidup dipenuhi dengan banyak kemungkinan yang mungkin terjadi, jadi Anda harus mengetahui apa yang ingin dicapai sehingga bisa menggerakkan roda kehidupan dengan baik.

Duduklah dengan pena dan kertas kemudian tuliskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini: Apa yang ingin saya capai? Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan saya? Apa hal pertama yang perlu saya lakukan?

2. Evaluasi tujuan setiap bulannya

Apakah Anda sudah menetapkan tujuan seminggu yang lalu atau 10 tahun lalu? Sangat penting untuk mengevaluasi tujuan Anda secara teratur. Minat Anda mungkin telah berubah atau prioritas lain mungkin telah muncul, jadi pastikan Anda fokus pada sesuatu yang masih penting bagi Anda.

Misalnya, dulu Anda pernah bermimpi untuk membeli rumah di perdesaan, tetapi sekarang mungkin menyukai perkotaan untuk tempat tinggal. Duduklah sebulan sekali dan tulis jawaban atas pertanyaan berikut: Apakah tujuan ini masih penting bagi saya? Apakah saya ingin mencapainya? Apakah saya masih bersemangat dengan ide ini?

Baca juga: Resep Ayam Lada Hitam, Hidangan Spesial untuk Dinikmati Bareng Keluarga 

3. Tinjau tujuan setiap hari

Kebanyakan orang memiliki tujuan, tetapi orang yang paling sukses selalu mengingat tujuan di benak mereka setiap saat. Namun, tujuan seringkali dapat dipecah menjadi banyak tugas kecil yang tampaknya jauh lebih mudah untuk dicapai. Jika Anda sangat menginginkan sesuatu, idealnya harus mengupayakannya dengan semaksimal mungkin dan secara teratur.

4. Berkomitmen untuk tujuan

Setelah Anda menentukan tujuan, sekarang saatnya mulai menindaklanjuti. Sasaran Anda dapat dengan mudah tercapai dalam lima tahun ke depan, tetapi setelah selesai, Anda dapat mulai bekerja untuk mencapai impian berikutnya.

Hari ini adalah waktu yang tepat untuk memulai. Menunda pekerjaan sebelum Anda mulai dapat membuat tugas tampak menakutkan dan banyak yang akan mempersulit untuk memulainya nanti.

Di awal setiap minggu, tuliskan apa yang akan Anda lakukan dalam seminggu itu untuk mencapai tujuan. Tidak harus hal yang besar setiap minggu, cobalah dengan melakukan sesuatu yang lebih kecil sehingga akan membantu melihat bahwa Anda memiliki peningkatan setiap minggunya.

Baca juga: Musim Hujan di Tengah Pandemi, Ikuti Langkah Ini Supaya Tetap Sehat 

5. Tuliskan semua yang telah terjadi atau yang akan terjadi

Duduklah dengan selembar kertas dan pulpen kemudian tuliskan setiap kemungkinan situasi atau hipotesis yang mungkin terjadi terkait tujuan Anda. Akan ada hasil yang buruk dan menakjubkan, dan ini akan membantu Anda memecahkan masalah yang mungkin muncul nanti.

Putuskan apa yang akan Anda lakukan untuk memperbaiki setiap situasi, dan perhatikan jawaban secara teratur. Anda mungkin tidak dapat mengontrol masa depan, tetapi dapat mengontrol cara menghadapi apa pun yang terjadi dalam kehidupan.

Selama beberapa tahun ke depan, Anda mungkin akan menghadapi masalah. Tetapi, orang yang paling sukses adalah mereka yang dapat beradaptasi dan fleksibel dalam melalui suatu masalah.

Lakukan perubahan yang selalu Anda inginkan sekarang! Sekarang Anda memiliki lebih banyak waktu dan ruang di rumah, inilah saat yang tepat untuk mewujudkan tujuan.

Jika tidak mengambil tindakan apa pun sekarang, kemungkinan besar Anda tidak akan pernah mencapai tujuan. Jadi, berjuanglah untuk masa depan yang lebih baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini