Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenparekraf Atur Strategi, Kembalikan Kejayaan Candi Borobudur

Salsabila Jihan, Jurnalis · Senin 04 Januari 2021 13:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 04 620 2338507 kemenparekraf-atur-strategi-kembalikan-kejayaan-candi-borobudur-l5UsSif7W7.jpg Ilustrasi. (Foto: Indonesiatravel)

KEMENTERIAN Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengajak untuk kembali mengunjungi salah satu wisata bersejarah, yaitu wisata candi. Candi Borobudur salah satu destinasi wisata yang dipromosikan di tengah pandemi Covid-19.

Selama pandemi Covid-19 berdampak pada berbagai kegiatan pariwisata, termasuk di Candi Borobudur. Kurang lebih 3 bulan pengelola benar-benar menghentikan kegiatan usaha dan fokus hanya pada perawatan fasilitas dan bangunannya.

Dilansir dari Instagram @kemenparekraf.ri, General Manager (GM) Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur I Gusti Putu Ngurah Sedana mengatakan, berwisata ke Candi Borobudur sangat berbeda di masa sebelum pandemi dan saat ini. Sebelum masa pandemi Covid-19, Candi Borobudur telah mengadakan beberapa konser tingkat dunia, seperti Mariah Carey (2018) dan Westlife (2019).

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno Ingin 70 Persen Masyarakat Bali Dapat Vaksin Covid-19 Duluan

"Tetapi dengan adanya pandemi ini, untuk sementara waktu kami tidak tampilkan (konser) karena dapat mengundang kerumunan di situ," ujarnya.

 borobudur

I Gusti Putu Ngurah Sedana menambahkan, di masa pandemi ini untuk kegiatan yang mengumpulkan massa, seperti ada konser dan pertunjukan seni sementara ditiadakan. Meski jadwal pertunjukan sebenarnya sudah dibuat.

"Biasanya kalau ada pesta kesenian, pertunjukan-pertunjukan seni biasanya semuanya akan berkumpul di situ. Kita juga susah mengendalikan," bebernya.

 

Di masa new normal ini, Candi Borobudur sudah mulai dibuka dan bisa dikunjungi. Dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment). Protokol CHSE diterapkan semaksimal mungkin untuk menghindari terjadinya penyebaran virus corona di area Candi Borobudur.

Pengelola telah melakukan beberapa kali simulasi tersendiri dan konferensi pers. Akhirnya mereka mendapatkan izin untuk tetap buka di saat pandemi ini pada 25 Juni 2020 lalu.

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno dan Menkes Budi Kompak Lawan Virus Corona Varian Baru

Mereka juga telah bekerja sama dengan beberapa stakeholder, seperti penggerak pariwisata di sekitar Borobudur dan agen perjalanan.

"Kami tetap optimis karena apa yang telah disampaikan oleh bapak Presiden Joko Widodo, pengunjung yang datang ke sini, kami sebar semua untuk mengunjungi objek-objek wisata yang ada di candi Borobudur. Sehingga kawasan Candi Borobudur bisa mendapatkan berkah dari kunjungan yang selama ini datang ke Candi Borobudur sebagai magnetnya," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini