Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Bantu Anda Mengembangkan Keterampilan Sosial

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 05 Januari 2021 10:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 05 620 2339002 ini-5-kebiasaan-yang-bisa-bantu-anda-mengembangkan-keterampilan-sosial-zWXD1CsUhL.jpg Ilustrasi mengembangkan keterampilan sosial. (Foto: Pressfoto/Freepik)

AKTIF secara sosial bermanfaat untuk hal apa pun, baik itu di tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, komunitas, maupun di antara orang lain. Memiliki keterampilan sosial atau kemampuan berinteraksi dengan orang lain adalah sifat yang patut dipuji.

Beberapa orang bahkan terlahir dengan kemampuan pandai bersosialisasi. Sementara orang lain terus berusaha menyesuaikan diri di lingkungan sosial dan mengembangkan keterampilan sosial.

Baca juga: Sariawan? Atasi Saja dengan 5 Asupan Ini, Cukup Efektif Lho 

Lalu hal apa saja yang bisa membantu seseorang mengembangkan keterampilan sosial? Berikut ini daftarnya, seperti dilansir Times of India.

1. Menjaga kontak mata

Memang benar bahwa mata adalah salah satu hal pertama yang diperhatikan siapa pun. Secara dramatis, mata adalah pintu gerbang menuju jiwa seseorang. Jadi, menjaga kontak mata selama percakapan bisa menghubungkan Anda dengan orang lain secara lancar.

Ini juga merupakan sarana untuk menunjukkan bahwa Anda cukup tertarik berbicara dengan orang lain dan terlibat dalam percakapan yang intelektual atau menyenangkan.

Ilustrasi ketermpilan sosial. (Foto: Rawpixel/Freepik)

2. Mendengarkan perkataan orang

Memiliki kemampuan mendengarkan dengan cermat dan kesabaran adalah kualitas yang hanya dimiliki sedikit orang. Jika orang lain memercayai Anda dengan kata-kata mereka, terserah Anda bagaimana menerimanya.

Kadang-kadang, hanya dengan mendengarkan orang tersebut bisa sangat menghibur daripada memberikan masukan Anda ke dalam percakapan. Itu adalah tanda dukungan damai yang sangat dihargai orang-orang.

Baca juga: Wajib Coba! Permen Lolipop Galaksi yang Enak dan Superkeren 

3. Selalu ada sesuatu untuk dibicarakan

Anda tidak ingin terlihat bingung ketika seseorang mencoba berbicara tentang suatu masalah yang tidak Anda ketahui. Hal terbaik adalah diperbarui tentang berita terkini, insiden, dan memiliki pendapat tentang hal-hal yang kuat. Dengan cara ini, Anda tidak akan pernah digambarkan sebagai orang yang membosankan tanpa kreativitas dan kesenangan sama sekali.

4. Peduli mengatasi masalah

Jika Anda tampak peduli mengatasi masalah orang dan terlibat dalam percakapan tentang mereka, orang akan menganggap Anda sebagai orang yang penuh perhatian. Bicarakan dengan orang-orang tentang minat dan motivasi mereka; tentang apa yang menarik minat mereka. Jika orang tersebut terbuka kepada Anda tanpa susah payah, cara percakapan Anda sukses.

Baca juga: Tidak Semua Penyintas Covid-19 Bisa Donor Plasma Konvalesen, Ini Kriterianya 

5. Punyai selera humor

Selera humor yang baik selalu membuat semua orang bersemangat. Selain itu, seseorang akan selalu mencoba mencari cara untuk berbicara dengan Anda, jika Anda adalah tipe orang yang menghibur.

Apakah itu tentang membuat suasana yang membosankan menjadi hidup atau lainnya. Memiliki kepribadian yang luar biasa dengan sedikit humor yang baik adalah sifat terbaik untuk dibangun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini