Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Republik Ceko Tak Ada di Kalender Balap MotoGP 2021, Ini Kata Karel Abraham

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 06 Januari 2021 19:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 06 620 2340075 republik-ceko-tak-ada-di-kalender-balap-motogp-2021-ini-kata-karel-abraham-HDqlFfmll9.jpg Marc Marquez. (Foto: Instagram/@marcmarquez93)

BRNO – Mantan pembalap MotoGP, Karel Abraham, mengomentari hilangnya Republik Ceko Dari kalender balap MotoGP 2021. Pembalap asal Republik Ceko itu pun menyayangkan hal tersebut dan berusaha mengungkap penyebabnya.

Republik Ceko yang sebelumnya masuk ke kalender balap sementara MotoGP 2021 memang memutuskan mundur. Kabarnya, hal ini terjadi karena Dorna Sports selaku promotor MotoGP meminta pihak pengelola Sirkuit Brno, Republik Ceko, melakukan renovasi lintasan.

Para pembalap MotoGP

Sebab, ada banyak pembalap yang mengeluhkan kondisi sirkuit di sana dalam beberapa musim terakhir. Tetapi, pihak pengelola tak menyanggupi karena biasa yang terlalu besar.

BACA JUGA: Kelewat Tajir, Valentino Rossi Baru Beli Kapal Pesiar Seharga Rp137 Miliar

Menurut beberapa sumber, renovasi lintasan Sirkuit Brno memakan biaya sebesar 4 juta euro atau sekira Rp68 miliar. Akan tetapi, lantaran sedang mengalami krisis perekonomian akibat pandemi Covid-19, tidak ada biaya yang dikeluarkan pemerintah setempat untuk merenovasi.

Kondisi tersebut pun lantas membuat pihak Sirkuit Brno menyerah dan memutuskan mundur dari penyelengaraan MotoGP 2021. Terkait kondisi ini, Karel Abraham pun turut memberi penjelasan.

Menurutnya, kondisi ini terjadi karena tak adanya kesepakatan yang bisa dijalin oleh Dorna Sports dan Pemerintah Republik Ceko. Lantaran pembicaraan buntu, akhirnya seri Republik Ceko pun terpaksa dihapus dari kalender MotoGP 2021.

“Saya bukan orang yang tepat untuk membicarakan peristiwa politik di balik balapan MotoGP di Brno, tapi saya tahu sedikit,” ujar Abraham, sebagaimana dikutip dari Paddock GP, Rabu (6/1/2021).

“Sebagai pembalap atau mantan pembalap, sangat disayangkan bahwa MotoGP tidak lagi hadir di Brno karena semua orang menyukai trek ini dan kami senang bisa balapan,” lanjutnya.

“Brno adalah jalur terpanjang di kalender, sama seperti Sirkuit Assen. Ini adalah kabar buruk, saya kecewa dan sedih karena seri Brno sudah tidak ada lagi, tetapi pemerintah dan Dorna tidak berhasil menemukan kesepakatan atau dalam hal apa pun ada, tetapi itu tidak terjadi,” tukas Abraham.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini