Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Belum Banyak Diketahui, Ini 5 Khasiat Lain Jahe untuk Kesehatan Tubuh

Iman Firmansyah, Jurnalis · Selasa 12 Januari 2021 13:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 12 620 2343095 belum-banyak-diketahui-ini-5-khasiat-lain-jahe-untuk-kesehatan-tubuh-7PKs4yCJMc.jpg Tanaman obat jahe memberikan banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. (Foto: Jcomp/Freepik)

JAHE menjadi salah satu tanaman obat yang banyak dikonsumi masyarakat. Pasalnya, jahe memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Selain mampu membuat tubuh jadi hangat, jahe juga diyakini bisa meningkatkan imunitas. Manfaat tersebut dinilai sangat berguna, apalagi di tengah masa pandemi covid-19 ini.

Kemudian jahe diketahui memiliki sifat karminatif, sehingga menjadikannya rempah yang ideal untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan, di antaranya membantu melawan kram, menenangkan otot yang sakit, mengurangi peradangan, mengatasi mual, mencegah bisul, hingga melancarkan pencernaan.

Baca juga: Uji Mutu Vaksin Sinovac, BPOM Inspeksi Langsung ke China 

Jahe juga telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan yang tidak terhitung jumlahnya, termasuk mengurangi risiko diabetes, penyakit jantung, obesitas, sekaligus menutrisi rambut dan meningkatkan kesehatan kulit.

Seperti dinukil dari Boldsky, Selasa (12/1/2021), berikut ini khasiat lainnya dari tanaman obat jahe untuk kesehatan tubuh manusia.

Air jahe. (Foto: NDTV)

1. Pereda nyeri menstruasi

Penelitian menunjukkan dengan adanya karakteristik anti-spasmodik dari jahe yang bisa sebagai obat alami untuk meredakan nyeri haid. Rendam 2 sendok makan jahe segar dalam air selama 15 menit, saring, dan nikmati dengan madu atau lemon.

2. Meredakan nyeri otot

Minyak esensial penghangat dari jahe dapat meningkatkan sirkulasi dan aliran darah, sehingga bisa meredakan nyeri otot yang lelah. Berkat sifat peradangannya, jahe juga dianggap sebagai obat alami terbaik untuk penghilang rasa sakit.

Baca juga: CDC Sebut Jarang Terjadi Reaksi Alergi Parah Akibat Vaksin Covid-19 

3. Menyembuhkan migrain atau sakit kepala

Jika Anda rentan terhadap sakit kepala, jahe adalah bahan alami yang bisa digunakan. Dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidannya yang sangat baik, jahe bekerja efektif dalam mengurangi rasa sakit. Potong jahe segar kecil-kecil dan taburkan garam di atasnya lalu kunyah perlahan.

4. Atasi flu dan batuk

Jahe memiliki efek menghangatkan tubuh sehingga bisa membantu Anda saat flu dan batuk, juga ketika kondisi kaki lelah serta sakit. Ambil 1 sendok teh madu organik mentah dan tambahkan jahe yang dihancurkan atau diparut dan sedikit lada hitam. Aduk rata dan minum ini 2 sampai 3 kali sehari.

Baca juga: Yuk Cobain Teh Peppermint, Ini Lho 5 Khasiatnya untuk Kesehatan Tubuh 

5. Penguat imunitas

Jahe dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan sangat efektif dalam menjaga tubuh tetap hangat dan melawan ekstremitas dingin yang pada gilirannya dapat memecah akumulasi racun di dalam tubuh.

Jahe merah

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini