Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada! Modus Kejahatan Keuangan Digital Makin Canggih

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 21 Januari 2021 13:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 21 620 2348370 waspada-modus-kejahatan-keuangan-digital-makin-canggih-p5lurbLfkw.jpg Digitalisasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kemampuan beradaptasi di era digital ini sangat bergantung pada persiapan dan pembentukan generasi berikutnya. Adaptasi perkembangan digital perlu juga memperbaiki tata kelola dan keamanaan penggunaan digital. Apalagi saat ini kejahatan digital terus berkembang pesat.

Salah satunya adalah banyak kasus penipuan dengan menciptakan fraud pada kartu kredit yang semakin banyak. Hal ini tentunya bisa mengancam para pelaku konsumen yang sering menggunakan penerapan digital.

"Kalau kita lihat kejahatan digital sekarang makin makin banyak dan sering perkembangan teknologi yang mana sering terjadi pada produk keuangan," kata Pengamat Digital Sani Budiantini dalam acara webinar, Kamis (21/1/2021).

Baca Juga: Di Depan CEO, Jokowi Ungkap Peluang Besar Ekonomi Hijau dan Digital bagi RI 

Lanjutnya, beragam kejahatan digital yang menggunakan produk keuangan seperti mendupilikat data. Seperti pemalsuan kartu kredit yang marak dalam mendapatkan keuntungan pribadi.

"Cracking seperti hacking tujuannya untuk mendapatkan keuntungan pribadi seperti penjebol kartu kredit," katanya.

Wakil Rektor UNIMY Razali Muhamad menambahkan hampir seluruh tatanan pendidikan di dunia, termasuk Malaysia dan Indonesia sedang menyesuaikan diri dengan era yang didorong oleh teknologi.

"Saat ini, ketika Pandemi Covid-19 menyebar ke seluruh dunia, transformasi digital menjadi lebih nyata dari sebelumnya. Kita harus memperbaiki tata kelola adaptasi digital agar bermanfaat bagi setiap orang yang mencari cara untuk melanjutkan dan mengembangkan generasi muda di masa kritis era digital ini," tandasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini