Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Minyak Zaitun Cocok untuk Pijat, Ini Khasiat yang Diberikan

Dwi Nur Ratnaningsih, Jurnalis · Rabu 27 Januari 2021 05:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 26 620 2351340 minyak-zaitun-cocok-untuk-pijat-ini-khasiat-yang-diberikan-uN2YrovvM1.jpg Minyak zaitun. (Foto: Racool Studio/Freepik)
A A A

BANYAK minyak yang bisa dipakai untuk pijat, salah satunya adalah minyak zaitun. Bahan alami ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh manusia. Misalnya menghilangkan pegal-pegal dan rasa sakit.

Minyak zaitun juga diketahui sudah lama digunakan sebagai bahan untuk pijat tubuh. Pasalnya, penggunaan minyak zaitun secara tepat dalam memijat bakal memberikan efek relaksasi pada tubuh.

Baca juga: 5 Teknik Pijat Paling Populer di Dunia, Bikin Badan Jadi Rileks 

Sebagaimana dirangkum dari Leaf, terapis Timothy Peckinpaugh mengatakan minyak zaitun sudah lama digunakan di Yunani, Mesir, India, dan China. Meskipun biasanya disediakan untuk keperluan kuliner di dunia Barat, minyak zaitun juga dapat dipakai untuk memijat.

"Dengan minyak zaitun murni, Anda dapat memberikan pijatan yang menenangkan tubuh, meredakan nyeri otot, dan memberikan rasa relaksasi secara keseluruhan," ungkap Peckinpaugh.

Pijat. (Foto: Chevanon/Freepik)

Selain itu, tambah dia, minyak zaitun juga bermanfaat untuk menyembuhkan kulit kering dan meredakan nyeri otot. "Campurkan minyak zaitun dengan minyak esensial ke mangkuk. Untuk minyak esensial, Anda bisa memilih minyak rosemary, minyak mint, atau jenis minyak wangi lainnya," paparnya.

Baca juga: Pegal-Pegal Boleh Dipijat, kalau Keselo Bagaimana? 

Peckinpaugh menyarankan untuk menginstruksikan penerima pijat untuk melepas jubah, menutupi diri dengan handuk dan berbaring telungkup di atas tikar atau meja pijat.

"Celupkan jari Anda ke dalam minyak pijat dan gosokkan minyak ke tangan Anda yang lain. Letakkan tangan Anda di tengah punggung bawah penerima pijat, dan berikan tekanan kuat. Gerakkan tangan Anda ke atas ke arah leher," tuturnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Setelah mencapai pangkal leher, Peckinpaugh menyarankan untuk gerakkan tangan ke arah bahu, dan turunkan ke punggung bawah. Ulangi proses ini, tambahkan lebih banyak minyak ke tangan jika diperlukan.

Selanjutnya pijat kaki dan lengan dengan gerakan lurus ke atas dan ke bawah. Lakukan dari bagian bawah kaki ke arah kaki bagian atas, lalu turun lagi. Ulangi gerakan ini dengan lengan, oleskan lebih banyak minyak zaitun sesuai kebutuhan.

Baca juga: 5 Titik Pijat untuk Cepat Redakan Stres dan Cemas 

"Pijat perut, berikan tekanan ringan seperti yang Anda lakukan. Letakkan tangan Anda di perut bagian bawah dan gerakkan ke atas, saat Anda memijat dengan gerakan memutar searah jarum jam," ujarnya.

Kemudian berikan tekanan ringan pada tangan dan kaki, pastikan menggunakan banyak minyak. Biarkan penerima pijat beristirahat selama sekira 10 menit setelah pijat.

"Setelah periode ini, perintahkan dia untuk mandi air hangat untuk menyelesaikan proses relaksasi, dan untuk membersihkan minyak berlebih dari kulit," jelasnya.

Baca juga: Mengenal Pijat Akupresur, Pengobatan Tradisional di Bali Bermodal Jempol 

Pijat. (Foto: Jcomp/Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini