Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Carlos Sainz Jr Percaya Ferrari Bangkit di F1 2021

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 31 Januari 2021 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 31 620 2353796 carlos-sainz-jr-percaya-ferrari-bangkit-di-f1-2021-JSZ67pqmim.jpg Carlos Sainz Jr percaya dengan Scuderia Ferrari (Foto: Scuderia Ferrari)

MARANELLO – Keraguan mengiringi langkah Carlos Sainz Jr ke Scuderia Ferrari. Pesimisme itu muncul bukan karena kemampuan sang pembalap, melainkan performa The Prancing Horse pada Formula One (F1) 2020. Namun, Sainz Jr yakin timnya perlahan akan kembali ke papan atas.

Seperti diketahui, F1 2020 berlangsung di luar perkiraan bagi Scuderia Ferrari. Tim balap asal Italia itu terseok-seok di hadapan pesaing seperti Red Bull Racing dan Mercedes AMG Petronas. Bahkan, Ferrari kesulitan untuk bersaing dengan tim-tim papan tengah.

Duet Charles Leclerc dan Sebastian Vettel gagal mempersembahkan satu kemenangan pun pada F1 2020. Mereka hanya mampu menorehkan total tiga podium dengan rincian dua oleh Leclerc dan satu Vettel.

Baca juga: Tes Tertutup Bersama Ferrari, Schumacher Tak Sabar Sambut F1 2021

Carlos Sainz Jr tinggalkan McLaren demi Ferrari (Foto: Twitter/@McLarenF1)

Tak pelak, banyak pihak meragukan penampilan Ferrari akan membaik pada F1 2021. Apalagi, mereka akan tetap menggunakan mobil SF1000 yang jeblok itu, dengan sedikit modifikasi di beberapa aspek. Keraguan pun diarahkan kepada Carlos Sainz Jr.

Betapa tidak, pembalap asal Spanyol itu malah meninggalkan McLaren yang sedang menunjukkan grafik membaik demi Ferrari. Sekadar perbandingan, tim yang bermarkas di Inggris itu finis di posisi tiga pada klasemen konstruktor, sementara Ferrari terjun bebas ke peringkat lima.

Carlos Sainz Jr lantas bersikeras keputusannya hengkang ke Ferrari tepat. Ia pun yakin, tim berkelir merah itu akan kembali ke puncak dalam waktu dekat. Apalagi, Scuderia Ferrari adalah tim tersukses di Formula One.

“Semua tim melewati momen-momen sulit pada titik tertentu. Itu bagian dari F1. Yang terpenting adalah kembali bangkit. Sejarah menunjukkan tim yang menang di masa lalu akan kembali menjadi kompetitif,” papar Carlos Sainz Jr, dikutip dari Crash, Minggu (31/1/2021).

“Ferrari adalah tim tersukses di sejarah F1 dan ada alasan di balik itu semua. Jika ada tim yang mampu berjuang kembali ke puncak, itu adalah Ferrari. Saya sangat percaya dengan proyek ini sekali pun prosesnya butuh waktu,” sambung pembalap berusia 26 tahun itu.

Carlos Sainz Jr menguji mobil di Fiorano (Foto: Scuderia Ferrari)

Kebetulan pula, alasan Scuderia Ferrari merekrut Carlos Sainz Jr adalah untuk proyek kemenangan jangka panjang. Visi itu pula yang membuat Ferrari yakin untuk tidak memperpanjang kontrak Sebastian Vettel pada penghujung F1 2020. Sebab, pembalap asal Jerman itu punya ambisi menjadi juara dunia dalam waktu dekat.

Andai tidak terjadi pada F1 2021, Carlos Sainz Jr tidak perlu berkecil hati. F1 menerapkan perubahan regulasi besar-besaran untuk musim balap 2022. Perubahan itu diharapkan dapat menjadi momentum Scuderia Ferrari untuk kembali bertarung memperebutkan gelar juara dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini