Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Cara Supaya Anak Tidak Bosan Belajar dari Rumah

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Rabu 03 Februari 2021 13:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 03 620 2355740 6-cara-supaya-anak-tidak-bosan-belajar-dari-rumah-LmD4r4QgKK.jpg Anak-anak belajar dari rumah. (Foto: Okezone)

BANYAK orangtua kini mencari cara supaya anak tidak bosan belajar dari rumah. Pasalnya selama masa pandemi covid-19, anak-anak diharuskan melakukan aktivitas dari rumah saja, termasuk belajar secara daring.

Siswa dan guru melakukan kegiatan belajar-mengajar dari jarak jauh. Mereka menggunakan aplikasi belajar atau memberikan materi dan belajar secara virtual.

Baca juga: Ini 5 Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan dengan Microwave 

Oleh karena itu, perlu dicari cara agar kegiatan pembelajaran tetap bisa berjalan nyaman dan efektif walaupun dari rumah.

Hal ini tentu akan sangat berguna bagi anak-anak. Sebab, bisa membuat mereka tidak bosan karena selama beberapa bulan terakhir melakukan segala aktivitas dari rumah saja.

Berikut cara supaya anak bisa nyaman dan efektif belajar dari rumah, sebagaimana dirangkum dari Psychology Today.

Belajar dari rumah. (Foto: Freepik)

1. Pilih tempat nyaman untuk belajar

Pilih tempat yang membuat anak nyaman saat mengerjakan tugas, baik di ruang tidur maupun ruang keluarga. Pastikan cahaya yang masuk ke ruangan cukup. Ubah latar belakang tempat mereka belajar untuk menambahkan kesan rapi.

2. Lakukan rutinitas seperti ingin ke sekolah

Tetap berikan sarapan terlebih dahulu, mandi, dan mengganti pakaian. Lakukan kebiasaan layaknya ingin ke sekolah seperti biasanya.

Baca juga: Deretan Pekerjaan Rumah yang Bisa Dilakukan Anak Sesuai Usianya 

3. Bimbing dengan baik

Ajari perlahan anak-anak sampai memahami materi dari sekolah. Kemudian bantu dan awasi dalam penggunaan gadget.

4. Duduk di kursi yang sesuai

Berikan anak-anak kursi dengan lengan dan penyangga pinggang ketika belajar daring. Langkah ini ampuh mencegah masalah punggung pada anak.

Baca juga: Musim Hujan Paling Pas Menyantap Sup Jagung Lezat, Ini Resep Lengkapnya 

5. Perlindungan leher dan mata

Jaga posisi saat ia belajar. Sejajarkan tinggi kursi, juga layar laptop dengan mata. Atur jarak setidaknya 30 sentimeter dan setiap 20 menit mata anak Anda harus berpaling dari layar sejenak.

6. Beri waktu istirahat

Layaknya belajar di sekolah, berikan anak-anak waktu untuk istirahat. Siapkan makanan dan air mineral yang cukup. Jika dia bosan, biarkan berpindah ruangan untuk melanjutkan tugasnya.

Belajar dari rumah. (Foto: ZapCulture/Pixabay)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini