Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alex Rins Nilai Renovasi Tikungan 10 Sirkuit Catalunya Memuaskan

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 07 Februari 2021 21:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 07 620 2358190 alex-rins-nilai-renovasi-tikungan-10-sirkuit-catalunya-memuaskan-dmi8cdcPor.jpg Layout baru tikungan 10 Sirkuit Catalunya (Foto: Twitter/@Circuitcat_eng)

ANDORRA - Renovasi yang dilakukan pada tikungan 10 Sirkuit Catalunya di Barcelona, Spanyol, membuat Alex Rins senang. Menurutnya, trek yang menjadi tuan rumah MotoGP Catalunya itu sekarang menjadi jauh lebih aman.

Sekadar informasi, tikungan 10 di Sirkuit Catalunya sempat menuai protes dari sejumlah pembalap. Salah satu yang vokal meminta agar konfigurasi sirkuit ditinjau ulang adalah Valentino Rossi. Menurut The Doctor, tikungan tersebut cukup berbahaya.

Baca juga: Sambut MotoGP 2021, Alex Rins Merasa Lebih Siap

Pihak pengelola sirkuit memiliki dua versi di tikungan 10. Yang pertama adalah tikungan panjang ke kiri di ujung trek lurus. Sementara versi kedua, tikungan siku-siku tajam, beberapa puluh meter sebelum ujung trek lurus. Konfigurasi kedua diketahui dipakai lebih dulu oleh Formula One (F1).

Tikungan 10 Sirkuit Catalunya direnovasi (Foto: Twitter/@Circuitcat_eng)

MotoGP baru memakainya pada beberapa tahun terakhir. Namun, secara umum, tikungan 10 itu tetap dianggap kurang aman. Pengelola sirkuit lantas melakukan renovasi sejak akhir 2020. Dengan memakai konfigurasi pertama, lebar tikungan ditambah dan dibuat lebih mudah untuk melakukan overtaking.

Baca juga: Alex Rins Bertekad Kalahkan sang Juara Dunia MotoGP 2020

Keluhan pembalap itu baru ditanggapi setelah pertemuan dengan Komite Keselamatan MotoGP pada GP Prancis 2020, awal Oktober silam. Alex Rins senang saran para pembalap itu didengar oleh pengelola sirkuit.

“Kami memintanya diubah pada tahun lalu. Jika saya ingat, mereka bilang kepada kami dalam rapat bersama Komite Keselamatan di Le Mans (Prancis), sangat mungkin untuk mengubah layout,” terang Alex Rins, dilansir dari Speedweek, Minggu (7/2/2021).

Proyek tersebut dikerjakan secara bersama-sama oleh FIA dan FIM mengingat Sirkuit Catalunya juga dipakai oleh F1. Menurut Alex Rins, perubahan itu adalah sebuah berita besar. Ia yakin tikungan itu akan disambut positif oleh para pembalap.

“Tentu saja, itu menjadi sebuah berita besar. Menurut saya, trek jadi lebih aman sekarang. Kami tidak perlu melewati tikungan sempit lagi,” urai Alex Rins setelah melihat gambar yang diunggah ke media sosial.

Uji coba tikungan 10 (Foto: Twitter/@Circuitcat_eng)

“Menurut saya, itu akan lebih baik buat semua orang, akan jauh lebih seru ketika balapan. Tak ketinggalan, Anda harus mengucapkan terima kasih kepada semua yang mewujudkannya,” tutup pembalap berkebangsaan Spanyol itu.

Namun, Alex Rins dan para pembalap harus bersabar lebih dulu. MotoGP Catalunya 2021 baru akan dihelat pada 6 Juni mendatang. Paling tidak, para pembalap baru dapat merasakan tikungan 10 versi baru itu pada sesi latihan bebas, 4 Juni 2021, andai tidak ada pergantian jadwal lagi.

(war)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini