Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yuk Rajin Minum Temulawak, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Siska Permata Sari, Jurnalis · Rabu 10 Februari 2021 20:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 10 620 2360066 yuk-rajin-minum-temulawak-ini-manfaatnya-untuk-kesehatan-tubuh-csGDCdSuBs.jpg Rutin minum temulawak ternyata memberi banyak manfaat untuk tubuh. (Foto: Jigsawstocker/Freepik)
A A A

TEMULAWAK merupakan salah satu tanaman yang jadi favorit masyarakat Indonesia. Pasalnya, temulawak memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Temulawak sendiri banyak dikonsumsi karena bisa berfungsi sebagai obat tradisional. Di antaranya mengobati sakit perut, disentri, diare berdarah, sembelit, gangguan hati, sampai demam pada anak-anak.

Baca juga: Ini Trik Jaga Imunitas saat Puasa, Lindungi Diri dari Covid-19 

Kandungan utama temulawak adalah protein, karbohidrat, serta minyak atsiri yang terdiri dari kamfer, glukosida, turmerol, dan kurkumin. Nah, kurkumin inilah yang bermanfaat sebagai anti-inflamasi serta anti-hepototoksik.

Lalu apa saja manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh manusia dengan adanya sejumlah kandungan tersebut? Berikut empat di antaranya, sebagaimana dilansir Healthbenefitstimes.

Temulawak. (Foto: Shutt)

1. Tingkatkan daya tahan tubuh

Rimpang temulawak terdiri lebih dari seratus macam senyawa seperti amilase, fenolase, lemak, pati, mineral, turunan fenol (kurkuminoid), dan minyak atsiri. Senyawa inilah yang terbukti efektif meningkatkan daya tahan tubuh secara optimal. Cocok untuk menjaga kesehatan tubuh di masa pandemi seperti sekarang.

2. Menambah nafsu makan

Manfaat berikutnya ini cocok bagi orangtua yang anak-anaknya mempunyai kecenderungan sulit makan atau suka memilih-milih makanan. Temulawak bisa meningkatkan nafsu makan. Hal ini karena temulawak dapat mempercepat proses pengosongan perut sehingga nafsu makan segera bertambah.

Baca juga: Lupakan Es Kopi Susu Kekinian, Menkes Ajak Milenial Minum Kopi Jamu Temulawak 

3. Mencegah kanker

Temulawak mempunyai sifat anti-inflamasi dari kandungan kurkumin. Maka itu, temulawak dapat mengontrol, mencegah, atau bahkan membunuh berbagai jenis penyakit kanker termasuk kanker usus besar, payudara, dan prostat.

Penelitian menunjukkan bahwa temulawak bisa mencegah pertumbuhan dan persebaran kanker prostat. Selain karena sifat anti-inflamasi, diketahui juga bahwa manfaat ini didapat dari aktivitas antioksidan temulawak yang melindungi sel dari kerusakan.

4. Mengatasi gangguan pencernaan

Temulawak bisa mengatasi gangguan kesehatan pada saluran pencernaan seperti perut kembung dan dispepsia. Ini berdasarkan penelitian di mana ditemukan bahwa pasien yang mengalami gangguan kesehatan pada saluran cerna terasa semakin membaik setelah mengonsumsi suplemen temulawak.

Follow Berita Okezone di Google News

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini