Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Qun Kua, Busana Cheongsam Khusus untuk Pengantin

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 12 Februari 2021 15:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 12 620 2361067 qun-kua-busana-cheongsam-khusus-untuk-pengantin-jixu1Q3bhu.jpg Baju Cheongsam untuk pengantin (Foto : Kislly)

Baju Cheongsam kini tak hanya digunakan sebagai salah satu attire khas perayaan Tahun Baru China atau Imlek. Seiring dengan berjalannya waktu, perempuan keturunan China  memilih Cheongsam sebagai outfit utama di hari pernikahan.

Mengutip Kisslly, busana Cheongsam yang dipakai pengantin wanita di gelaran hari pernikahannya tersebut biasa disebut dengan sebutan Qun Kua. Dengan mengenakan baju Cheongsam tersebut, otomatis membuat suasana prosesi upacara pernikahan jadi lebih kental mirip dengan proses pernikahan tradisional ala Tiongkok.

Cheongsam

Meski baju Qipao tidak dikhususkan dirancang untuk pernikahan, nyatanya saat ini baju Cheongsam telah menjelma menjadi pakaian pengantin tradisional China. Biasanya desain Cheongsam modern dipadukan dengan gaya Barat dan hadir dalam warna putih atau merah dengan permainan aksen warna emas yang melambangkan keberuntungan.

Baca Juga : Menilik Sejarah Baju Cheongsam, Cermin Emansipasi dan Kebangkitan Perempuan China

Di Indonesia sendiri, pemakaian baju Qun Kua untuk pernikahan sudah begitu populer dan familiar. Salah satu contohnya bisa dilihat dari betapa banyak desain baju Cheongsam modern yang cantik dan megah hasil rancangan desainer ternama Indonesia, Adrian Gan.

Sosoknya kerap dipilih merancang gaun pernikahan oleh para pasangan pengantin keturunan China generasi muda. Baik itu untuk prosesi pemberkatan utama atau salah satu rangkaian prosesi lainnya.

Siapa Adrian Gan?

adrian gan

Bagi pencinta industri fesyen di Indonesia, desainer Adrian Gan adalah nama yang begitu megah. Dia dikenal dengan signature rancangan baju Cheongsam modern yang begitu cantik dan megah.

Mengutip Jakarta Fashion Week, Selasa (9/2/2021), Adrian sudah tertarik dengan dunia fesyen semenjak kecil. Ia kerap ingin berbeda dari orang lain, sehingga menata gaya penampilannya dengan ide rancangannya sendiri. Lulusan sekolah fesyen terkenal Sekolah Mode Susan Budihardjo ini mengawali kariernya di dunia fesyen sebagai custom-made designer.

Teknik rekonstruksi kain, keunikan lipatan gaun, serta detail yang dijahit dengan sempurna dan indah sukses membuatnya dikenal sebagai desainer mode paling ternama di Jakarta. Salah satu imej Adrian yang paling melekat di publik adalah sebagai perancang busana Cheongsam yang unik. Baju Cheongsam yang dia desain dikenal memiliki struktur yang sempurna dan sangat rapi.

Baju Cheongsam

Tak hanya itu, baju Cheongsam hasil tangan dingin Adrian Gan memiliki siluet yang berbeda. Hal ini membuat para perempuan yang suka bereksplorasi dengan gaya tidak takut mencoba hal-hal baru.

Mengukuhkan statusnya sebagai desainer top, Adrian terpilih menjadi salah satu desainer utama di malam puncak Dewi Fashion Knight 2019, perhelatan pesta mode terbesar di Indonesia, Jakarta Fashion Week.

Baju Cheongsam

Tak hanya itu, pada 2019 salah satu baju Cheongsam warna navy blue rancangannya masuk dalam editorial wedding dress China pilihan Harpersbazaar. Busana Cheongsam yang dia buat tersebut, dirancang dengan detail sulaman burung Phoenix di bagian sisi belakang, melambangkan simbol energi Yang yang dihadirkan pada pakaian pengantin tradisional China.

Mengutip Harpersbazaar, untuk siluetnya Adrian menghadirkan bentuk yang sangat modern, jaket yang berkancing hingga ke bagian pinggang, kemudian dibuka di atas rok tulle. Wujud dari kombinasi antara konsep klasik dan modern. Maka tak heran, Adrian berhasil menjadikan dirinya sebagai desainer yang paling dicari untuk busana pernikahan tradisional China.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini