Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Makna Dekorasi Bernuansa Imlek Dipercaya Bawa Keberuntungan

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Sabtu 13 Februari 2021 08:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 13 620 2361309 6-makna-dekorasi-bernuansa-imlek-dipercaya-bawa-keberuntungan-upYYGAtKfT.jpg Dekorasi khas Imlek (Foto : China Highlight)

Dekorasi khas Imlek tak hanya mempercantik suasana di rumah. Tapi, ada makna dan filosofi yang dipercaya membawa keberuntungan.

Apa saja dekorasi khas Imlek tersebut? Dilansir dari China Highlights, berikut dekorasi Imlek yang digunakan.

Dekorasi Tahun Baru Imlek, Pohon Kumquat Salah Satunya

1. Lentera merah China - lampion

Lampion

Selama Tahun Baru Imlek, tidak jarang melihat lentera digantung di pohon, gedung perkantoran, dan pintu rumah. Menggantung lentera merah di depan pintu dipercaya bisa mengusir kesialan atau nasib buruk. Lentera China juga digunakan dalam festival penting, seperti Festival Musim Semi (Tahun Baru China hingga Festival Lentera) dan Festival Pertengahan Musim Gugur.

Baca Juga : Intip Cibeby si Miyabi Indonesia Berbalut Cheongsam Seksi

Baca Juga : Foto Imlek, Kimmy Jayanti Gendong Anak Pakai Dress Menggoda

2. Door couplets

Dekorasi

Bait Tahun Baru (对联 duìlián / dway-lyen) yang ditempelkan di pintu merupakan sebuah harapan atau pernyataan baik di tahun yang akan datang. Beberapa pernyataan tentang apa yang diinginkan atau diyakini warga, seperti keharmonisan atau kemakmuran. Dengan nada yang sama, idiom empat karakter tentang keinginan baik sering ditambahkan ke potongan kusen pintu juga.

Ucapan selamat tahun baru biasanya dipasang berpasangan (bait), karena angka genap dikaitkan dengan keberuntungan dalam budaya Tiongkok. Kuplet adalah karya kuas kaligrafi Tiongkok, dengan tinta hitam di atas kertas merah.

3. Potongan kertas

Pemotongan kertas adalah seni memotong desain dari kertas (warna apa saja, tetapi biasanya merah untuk Festival Musim Semi), dan kemudian menempelkannya pada alas yang kontras atau permukaan transparan (misalnya jendela).

Gambar tumbuhan atau hewan yang menguntungkan biasanya memberikan tema pemotongan kertas Tahun Baru. Setiap hewan atau tumbuhan mewakili keinginan yang berbeda.

4. Lukisan tahun baru

Lukisan tahun baru (年画 niánhuà / nyen-hwaa /) ditempelkan di pintu dan dinding selama Tahun Baru Imlek dengan tujuan dekoratif dan sebagai simbol salam Tahun Baru. Gambar di lukisan adalah sosok dan tanaman legendaris yang menguntungkan.

5. Pohon Kumquat

Pohon Kamquat

Dalam bahasa Mandarin, kumquat disebut jinju shu (金 桔树 jīnjú shù / jin-jyoo shoo /), dan kata jin (金) adalah kata Cina untuk emas. Wordju tidak hanya terdengar seperti kata dalam bahasa China untuk 'semoga sukses' (吉 jí / jee /), tetapi juga mengandung karakter China jika ditulis 桔.

Karena itu, memiliki pohon kumquat di rumah melambangkan keinginan akan kekayaan dan keberuntungan.

6. Bunga mekar

Tahun Baru Imlek juga disebut Festival Musim Semi, ini menandai awal musim semi. Tidak jarang orang mendekorasi rumah dengan bunga-bunga mekar, yang melambangkan datangnya musim semi dan harapan untuk tahun baru yang sejahtera.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini