Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal, Hindari Menggaruk

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Senin 15 Februari 2021 12:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 15 620 2362229 5-cara-mengatasi-kulit-kepala-gatal-hindari-menggaruk-FvYV8SrqZd.jpg Ilustrasi kulit kepala gatal. (Foto: The Burgundy Affair)

KULIT kepala gatal bisa dialami siapa saja. Ini biasanya terjadi akibat kulit kepala melepaskan sel-sel kulit mati. Seringkali pengelupasan kulit terjadi begitu saja yang akhirnya menyebabkan ketombe atau dermatitis seboroik. Ini cenderung berwarna putih atau kuning muda dan mudah lepas dari kepala.

Penyebab pengelupasan kulit kepala di antaranya keramas terlalu sering atau bahkan jarang, lalu tidak membilas sampo dengan baik, cuaca dingin, reaksi buruk terhadap produk rambut, dan penyakit kulit seperti eksim. Jika itu terjadi, maka kulit kepala akan terasa gatal.

Baca juga: 4 Cara Ampuh Usir Ketombe Membandel di Kulit Kepala 

Ada beberapa cara mengatasi kulit kepala gatal. Apa saja? Berikut daftarnya, seperti dilansir WebMD.

1. Keramas

Keramas cukup efektif menghilangkan serpihan sel-sel kulit mati dari kepala. Gunakan sampo biasa jika Anda berketombe ringan.

Ilustrasi kulit kepala gatal.

2. Pakai sampo antiketombe khusus

Berbagai merek sampo antiketombe mengandung bahan berbeda, sehingga Anda mungkin harus mencoba beberapa untuk menemukan yang tepat. Anda bisa mulai mencari sampo antiketombe khusus yang mengandung selenium sulfida, berbahan dasar tar, zinc pyrithione, atau asam salisilat.

Baca juga: 5 Kesalahan Ini Bikin Masker Rambut DIY Rusak Kulit Kepala 

3. Biarkan berbusa selama 5 menit

Saat Anda keramas dengan sampo antiketombe, biarkan busa mengumpul selama 5 menit. Ini membantu sampo bekerja lebih baik.

4. Gunakan kondisioner

Setelah keramas, gunakan kondisioner untuk melindungi rambut Anda dari kekeringan.

Baca juga: Helm Anda Jarang Dicuci? Siap-Siap Kena 3 Penyakit Ini Lho 

5. Hindari menggaruk

Jika kepala terasa gatal, terlebih pada bagian sel-sel kulit mati yang terkelupas, cobalah untuk tidak menggaruknya. Pasalnya, menggaruk tidak akan menghilangkan serpihan-serpihan pengelupasan kulit, justru menyebabkan pendarahan atau rambut rontok yang memperburuk keadaan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini