Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Penyebab Anda Merasa Kedinginan Sepanjang Hari

Iman Firmansyah, Jurnalis · Selasa 16 Februari 2021 02:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 15 620 2362405 ini-penyebab-anda-merasa-kedinginan-sepanjang-hari-MhOHofZAod.jpg Ilustrasi merasa kedinginan sepanjang hari. (Foto: Reuters)

PERNAHKAH Anda merasa kedinginan sepanjang hari? Jika iya, bisa jadi kedinginan itu pertanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan tubuh Anda, karena setiap orang memang memiliki reaksi berbeda-beda terhadap suhu dingin.

Mungkin ada orang yang merasa baik-baik saja ketika berada di suhu serendah 10 derajat Celsius dan ada juga orang yang tidak kuat berada di suhu tersebut lalu memakai semua jenis pakaian hangat setelah suhu menyentuh 15 derajat Celsius.

Baca juga: Cuaca Dingin, Ini Tanda-Tanda Seseorang Mengalami Hipotermia 

Sebagaimana diketahui, wanita dan pria memiliki berbagai tingkat intoleransi terhadap suhu dingin, karena tingkat metabolisme istirahat yang berbeda. Namun, ini tidak selalu terjadi.

Berikut ini beberapa penyebab Anda merasa kedinginan sepanjang hari, seperti dilansir laman Times of India.

Ilustrasi kedinginan. (Foto: Howstuffworks)

1. Tidur

Tidur memberikan peran penting dalam mengatur suhu tubuh. Jika Anda kurang tidur, itu dapat mengganggu ritme sirkadian dan mungkin mulai merasa sangat dingin. Jadi jika Anda merasa kedinginan sepanjang hari, tidurlah dengan cukup.

2. Anemia

Kurangnya sel darah merah dalam tubuh dikenal sebagai anemia, kondisi ini dapat menjadi alasan utama mengapa Anda selalu merasakan dingin. Hal ini bisa terjadi karena sel darah merah memiliki peran untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh dan jika karena beberapa alasan tertentu tubuh Anda tidak mendapatkan oksigen yang cukup sehingga Anda akan merasa lebih dingin.

Baca juga: Menggigil Kedinginan, Balita Ini Malah Terlihat Lucu dan Menggemaskan 

3. Kehilangan lemak dan berat badan

Tubuh kita sebenarnya menggunakan lemak untuk menjaga suhu internal agar tetap hangat dan jika Anda menurunkan berat badan, berarti Anda telah kehilangan lemak juga dan wajar jika Anda merasa kedinginan. Namun, ini tidak terjadi pada semua orang.

4. Hipotiroidisme

Masalah ini merupakan kondisi ketika tubuh Anda tidak memproduksi hormon tiroid dalam jumlah yang cukup. Gejala-gejala dari hipotiroidisme adalah pelupa, depresi, kulit kering, kelelahan, dan penambahan berat badan.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini