Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Manfaat Minyak Jahe yang Wajib Anda Ketahui

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Rabu 17 Februari 2021 17:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 17 620 2363760 3-manfaat-minyak-jahe-yang-wajib-anda-ketahui-QqMOBYYQAg.jpg Minyak jahe berkhasiat menyehatkan tubuh. (Foto: Freepik)

JAHE ternyata bisa diolah menjadi minyak jahe yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Jahe sendiri merupakan rempah yang sudah banyak dikenal dan digunakan dalam berbagai olahan makanan. Jahe juga bisa dibuat obat rumahan untuk sejumlah penyakit.

Jahe dikenal ampuh memberikan aroma khas serta menghangatkan tubuh. Di dalam jahe juga terdapat senyawa gingerol bio-aktif. Senyawa ini sebagai antibakteri dan antioksidan yang juga digunakan untuk menenangkan flu dan sakit tenggorokan.

Baca juga: Air Jahe Ampuh Diminum saat Musim Hujan, Kenali 5 Manfaatnya 

Selain itu, jahe juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Lalu jahe bersifat anti-peradangan yang melindungi kulit dan rambut dari kerusakan.

Kemudian ketika jahe diekstraki menjadi minyak jahe, bisa diaplikasikan untuk meringankan sejumlah masalah kesehatan. Minyak esensial jahe juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan kuliner serta pengobatan.

Lalu apa saja manfaat minyak jahe untuk kesehatan? Berikut ini daftarnya, seperti dilansir NDTV.

Jahe. (Foto: Racool Studio/Freepik)

1. Meredakan rasa sakit

Minyak jahe paling banyak digunakan untuk menenangkan dan meredakan nyeri otot dan nyeri sendi. Ini adalah cara alami untuk mengatasi nyeri otot dan sendi, dikombinasikan dengan pengobatan. Ini karena minyak jahe dapat melawan peradangan pada tubuh.

2. Meningkatkan kesehatan pernapasan

Minyak jahe dapat membantu membersihkan lendir dari tenggorokan dan hidung, serta membantu membersihkan saluran udara. Selain itu, bisa meredakan pilek dan bahkan efektif melawan batuk.

Baca juga: 5 Manfaat Jahe saat Musim Hujan, Apa Saja? 

3. Meningkatkan pencernaan

Mengonsumsi sedikit minyak jahe dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Bahkan dapat membantu meredakan kasus keracunan makanan.

Anda bisa membuat minyak jahe di rumah dengan menggunakan jahe parut dan minyak zaitun segar, atau minyak sehat lain. Minyak infus jahe dapat digunakan dalam sejumlah olahan untuk memeroleh khasiatnya, serta menambah rasa pada makanan.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini