Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

8 Khasiat Minyak Cengkih untuk Kesehatan, Bisa Redakan Stres Lho

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Rabu 17 Februari 2021 18:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 17 620 2363769 8-khasiat-minyak-cengkih-untuk-kesehatan-bisa-redakan-stres-lho-9bsBXTXiOV.jpg Minyak cengkih memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. (Foto: Freepik)
A A A

CENGKIH biasa dijadikan bumbu pelengkap hidangan yang lezat. Selain rasanya manis dan memberikan aromatik, cengkih menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya dengan diolah menjadi minyak cengkih.

Minyak cengkih bersama bagian daun, batang, dan kuncup kering cengkih bisa untuk berbagai keperluan pengobatan serta kesehatan. Ini karena sifatnya yang antimikroba, antijamur, antivirus, antiseptic, dan stimulasi tinggi.

Baca juga: Mengenal Afo, Cengkeh Tertua di Dunia Berusia 416 Tahun 

"Minyak cengkih adalah salah satu sumber antioksidan terkaya. Dalam aromaterapi, digunakan sebagai antiseptik dan pereda nyeri terutama untuk sakit gigi dan sakit perut. Ini sering dicampur dengan minyak lain untuk mengobati berbagai kelainan. Misalnya, mereka yang sulit tidur dapat mengoleskan minyak cengkih hangat bersama dengan minyak wijen di dahi agar merasa tenang dan rileks," kata praktisi kesehatan dr Ashutosh Gautam, seperti dikutip dari NDTV, Rabu (17/2/2021).

Berikut ini beberapa khasiat menggunakan minyak cengkih untuk kesehatan tubuh. Yuk dicoba.

1. Sehatkan gigi

Dikarenakan bersifat sebagai pembasmi kuman dan adanya senyawa yang disebut eugenol, minyak cengkih dapat melawan sakit gigi, sakit gigi, sakit gusi dan sariawan dengan sangat efektif. Berkat sifat aromatiknya yang kuat, berkumur dengan minyak cengkih dan air hangat dapat menghilangkan bau mulut. Cukup tambahkan empat tetes minyak cengkih ke dalam segelas air hangat dan kumur setidaknya dua kali sehari untuk hasil yang efektif.

Cengkih. (Foto: Okezone)

2. Memperkuat imunitas

Minyak cengkih dapat bekerja dengan sangat baik dalam meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh Sifat antioksidan yang ada dalam minyak bertindak melawan radikal bebas yang menyebabkan berbagai penyakit, seperti kanker dan penyakit jantung.

Kuncup bunga kering cengkih mengandung senyawa yang meningkatkan sistem kekebalan dengan meningkatkan jumlah sel darah putih sehingga meningkatkan hipersensitivitas tipe tertunda.

Baca juga: Kebanyakan Masukkan Cengkih, Masakan Jerry Disebut "Nasi Kretek" oleh Juri 

3. Melawan infeksi

Berkhasiat sebagai antiseptik, minyak cengkih dapat digunakan untuk mengobati luka, infeksi jamur, gigitan serangga, bahkan sengatan. Namun, penggunaan minyak cengkih secara langsung dapat membahayakan. Jika lukanya terlalu perih, disarankan untuk mengencerkan minyak cengkih dengan menambahkan minyak almond atau minyak kelapa. Minyak pembawa ini akan mencegah kulit sensitif dari luka bakar yang disebabkan penggunaan minyak cengkih secara langsung.

4. Melawan sakit tenggorokan, batuk, dan pilek

Berkat sifat anti-peradangan yang tinggi, minyak cengkih dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit tenggorokan, batuk, pilek, dan sinusitis. Mengonsumsi minyak cengkeh ekspektoran tidak hanya membersihkan saluran hidung dan melegakan masalah pernapasan, tetapi juga memiliki efek pendinginan pada rongga hidung dan tenggorokan.

Follow Berita Okezone di Google News

5. Meredakan sakit kepala

Campurkan empat tetes minyak cengkih dengan garam dan oleskan di dahi untuk meredakan sakit kepala. Flavonoid dalam minyak cengkih memiliki zat antiinflamasi, sifat anti-inflamasi ini akan meredakan peradangan dan juga memberikan efek pendinginan. Minyak cengkih juga sebagai pereda nyeri otot dan persendian.

6. Bagus untuk kulit

Minyak cengkih mengandung senyawa yang disebut eugenol, dikenal dengan sifat antibakteri. Ini secara efektif dapat menyembuhkan jerawat, mengurangi pembengkakan dan membunuh bakteri menular pada saat bersamaan.

Campurkan 2–3 tetes minyak cengkih murni dengan krim kulit Anda dan oleskan secara lembut. Minyak cengkih juga dapat membantu melawan tanda-tanda anti-penuaan, cukup oleskan beberapa tetes minyak cengkih ke kapas dan oleskan ke wajah setidaknya dua kali sehari. Sifat stimulasi minyak cengkih mengelupas kulit mati, dan meningkatkan aliran darah sehingga menghidupkan kembali keremajaan kulit.

Baca juga: 9 Manfaat Teh Adas untuk Kesehatan, Bisa Cegah Kanker Lho 

7. Mengobati gangguan pencernaan

Eugenol dalam minyak cengkih terbukti efektif mengatasi masalah lambung, seperti gangguan pencernaan dan perut kembung. Ini juga berguna untuk mengobati cegukan dan mabuk perjalanan.

8. Meredakan stres

Minyak cengkih bisa membantu mengurangi kelelahan, kelelahan mental, kecemasan, dan stres. Selain itu, dianjurkan melakukan latihan yoga secara teratur, lebih baik jika meditasi harian.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini