Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Cara Alami Hilangkan Kantung Mata, Sudahkah Mencobanya?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 18 Februari 2021 18:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 18 620 2364460 3-cara-alami-hilangkan-kantung-mata-sudahkah-mencobanya-e3AG2EKT4c.jpg Ilustrasi kantung mata. (Foto: Javi Indy/Freepik)

MATA menunjukkan usia. Namun terkadang di usia 20 tahun, lingkaran hitam dan kantung mata kerap muncul. Ini dapat membuat seseorang terlihat dan merasa lebih tua. Tanda-tanda penuaan ini bisa dari faktor genetik, gaya hidup, atau bahkan karena beberapa alergi.

Akan tetapi, salah satu penyebab hal tersebut adalah kolagen yang melemah seiring bertambahnya usia sehingga elastisitas kulit berkurang. Perawatan dan pengobatan dapat mengurangi dampaknya dan membuat mata terlihat cerah serta awet muda.

Baca juga: Mata Panda Mengganggu Penampilan, Atasi Saja dengan 3 Bahan Ini 

Seperti dikutip dari Pinkvilla, Kamis (18/2/2021), berikut tiga cara perawatan rumahan yang dapat membantu menghilangkan lingkaran hitam serta kantung mata yang muncul.

Mata. (Foto: Shutterstock)

1. Kentang

Kentang adalah pilihan yang bagus untuk membuat kulit lebih sehat dan tampak lebih muda. Ini kaya akan vitamin C yang berperan penting dalam menghasilkan kolagen.

Caranya, Parut kentang dan rendam bola kapas dengan jus yang diekstrak dari kentang. Tempatkan ini di mata Anda selama 15 sampai 20 menit. Kulit akan menyerap vitamin dan meningkatkan sifat kolagen sehingga membuat kulit sensitif di dekat mata terasa lembut dan segar.

Baca juga: 13 Langkah Bikin Mata Terlihat Berkilau dan Sehat 

2. Jus jeruk

Jeruk adalah sumber vitamin A dan C yang bagus dan merupakan vitamin penting untuk kulit bercahaya yang mengandung sifat anti-penuaan. Ekstrak jus jeruk dan gunakan bola kapas atau bantalan penghapus riasan untuk mengaplikasikannya pada mata Anda dan menuai manfaatnya.

Caranya bisa mencampurkan jus dengan beberapa tetes gliserin untuk mendapatkan kilau alami. Selain itu, disarankan untuk minum banyak air, diet sehat, dan tidur malam yang nyenyak dapat membantu kesehatan mata.

Istirahatkan mata Anda dari gawai dan pandangi tumbuhan hijau di luar rumah. Menempatkan irisan ketimun di atas mata, menggunakan krim mata atau mengoleskan minyak kelapa di sekitar mata dapat membantu mengurangi kerutan, lingkaran hitam dan kantung mata.

3. Kantung teh

Sifat antioksidan dalam teh celup memperlambat proses penuaan dan juga membantu membentuk lapisan pelindung dari sinar UV. Teh hijau, khususnya, memiliki efek antiinflamasi potensial menurut para peneliti.

Seduh kantong teh dan biarkan di lemari es selama 20 sampai 25 menit. Oleskan pada mata setelah memeras cairan ekstra dan biarkan selama setengah jam. Efek pendinginan yang dihasilkannya membantu sebagai pereda stres dan lingkaran hitam serta kantung mata akan menghilang dengan pemakaian konsisten.

Baca juga: 6 Cara Cepat Sembuhkan Mata Sembap Usai Menangis 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini