Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Ciri Seseorang Telah Dewasa, Adakah di Dirimu?

Uthari Handayani, Jurnalis · Jum'at 19 Februari 2021 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 19 620 2364898 6-ciri-seseorang-telah-dewasa-adakah-di-dirimu-wVFivB7FQO.jpg Ilustrasi orang dewasa. (Foto: Katemangostar/Freepik)

DEWASA tidak hanya diukur dari usia, tapi juga sikap dan pemikiran. Misalnya seseorang lebih memilih menerima keadaan dan tidak terlalu mempermasalahkan hasil akhir.

Kemudian ciri-ciri dewasa juga bisa dilihat dari lebih memerhatikan lingkungan atau orang lain dibanding diri sendiri. Ini menunjukkan sikap toleransi terhadap sekitar.

Baca juga: Studi Temukan Sebagian Pasien Covid-19 Mengalami Benjolan di Mata 

Lantas ciri-ciri apa lagi yang menunjukkan seseorang telah dewasa? Berikut daftarnya, sebagaimana dilansir laman Lifehacks, Jumat (19/2/2021).

1. Banyak mendengar sedikit bicara

Seseorang yang dewasa memiliki ciri banyak mendengarkan dan sedikit berbicara. Ini karena didasari dengan penalaran yang substansial, sehingga akan memberikan gambaran sekilas tentang individu yang rasional kepada lingkungan sekitar. Dengan demikian, dia bakal dianggap lebih serius yang meningkatkan kepercayadiriannya.

Ilustrasi dewasa. (Foto: Rawpixel/Freepik)

2. Bertanggung jawab

Sebagai pribadi yang dewasa, seseorang akan lebih memainkan sosoknya di tatanan kehidupan sosial. Dia akan mulai ambil peran di keluarga, teman, komunitas, lingkungan, bahkan negara yang tentunya disikapi dengan tanggung jawab.

Baca juga: BPOM Segera Terbitkan Izin Vaksin AstraZeneca Jalur Multilateral 

3. Lebih akomodatif ketimbang argumentatif

Saat seseorang yang dewasa dihadapi dengan tentangan terhadap pemikirannya, dia tidak akan menjadikan itu sebuah masalah. Ini karena dia lebih memilih untuk menghargai dan mendapatkan sudut pandang lain.

4. Siap menghadapi sesuatu yang tidak direncanakan

Kehidupan tidak selamanya memberikan sesuatu yang bahagia dan berjalan sesuai yang kita mau. Maka itu sebagai tindakan yang dewasa, diperlukan kesiapan dalam menghadapi segala situasi.

Baca juga: 6 Kriteria Orang dengan Penyakit Penyerta yang Belum Layak Divaksin 

5. Lebih suka menabung daripada menghamburkan uang

Lebih memilih menabung pendapatan dibanding mengeluarkan uang secara besar-besaran merupakan suatu bentuk tingkat kedewasaan seseorang.

6. Memprioritaskan diri sendiri

Orang yang dewasa sadar akan kepentingan dirinya sendiri. Setelah dihadapi dengan berbagai hal yang menyita dia akan meluangkan waktu sendiri demi menjaga tubuh dan pikirannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini