Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Musim Hujan Tetap Waspada DBD, Pahami Lagi Gejalanya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 26 Februari 2021 11:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 26 620 2368705 musim-hujan-tetap-waspada-dbd-pahami-lagi-gejalanya-Yyo02UHyMm.jpg Ilustrasi pasien demam berdarah dengue. (Foto: Shutterstock)

MASYARAKAT diimbau lebih waspada ketika musim hujan. Sebab ada sejumlah penyakit bermunculan ketika hujan sering turun. Salah satunya adalah demam berdarah dengue (DBD) yang disebabkan gigitan nyamuk Aedes aegypti.

DBD merupakan salah satu penyakit yang banyak terjadi ketika musim hujan. Oleh karena itu, penting melakukan pencegahan sejak dini.

Baca juga: Ini 6 Asupan yang Bisa Mempercepat Penyembuhan Sakit Demam Berdarah 

Selain melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) penyebab DBD, penting juga mengenali gejala-gejalanya, selain bintik-bintik merah yang telah diketahui selama ini.

Sebagaimana dilansir laman Mayoclinic, yuk pahami lagi gejala-gejala demam berdarah dengue (DBD) yang sering muncul ketika musim hujan.

Nyamuk demam berdarah. (Foto: Shutterstock)

1. Demam

Banyak orang, terutama anak-anak dan remaja, mungkin tidak mengalami tanda atau gejala saat demam ringan. Bila gejala memang terjadi, biasanya akan muncul setelah 4 sampai 7 hari digigit nyamuk yang terinfeksi.

DBD biasanya ditunjukkan dengan suhu tubuh di atas 39 derajat Celsius. Waktu demamnya pun berbeda, biasanya dalam dua hari demamnya pulih. Lalu setelah itu demam muncul kembali.

2. Sakit kepala

Pada saat demam biasanya disertai sakit kepala yang sangat terasa. Penderita akan merasa tidak nyaman dengan sakit kepala berat ini.

Baca juga: Ilmuwan Berencana Perangi Demam Berdarah Dengue dengan Bakteri Wolbachia 

3. Lemas

Pasien DBD sering mengeluh tubuhnya lemas. Tentu penyebabnya adalah hilang nafsu makan, demam tinggi, hingga mual dan muntah. Kalau sudah ada tanda-tanda demikian, segera ke dokter agar tidak mengalami komplikasi hingga mengancam nyawa.

4. Mual dan muntah

Selain demam, gejala awal yang menandakan bahwa seorang terkena DBD adalah sering mual dan muntah. Hal ini disertai pula dengan sakit kepala yang berat. Nafsu makan pun seketika hilang, sehingga membuat tubuh pasien lemas.

Baca juga: Peneliti Indonesia Temukan Solusi Hentikan Wabah DBD 

5. Nyeri tulang

Pasien DBD rentan mengalami nyeri tulang dan otot. Apalagi saat kondisi tubuh menggigil, rasanya sangat tidak nyaman. Wajahnya juga pucat dan malas bergerak. Bila muncul tanda ini, sebaiknya peka dan segera ke dokter.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini