Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Jenis Minyak Esensial yang Bagus untuk Perawatan Rambut

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 02 Maret 2021 09:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 02 620 2370632 5-jenis-minyak-esensial-yang-bagus-untuk-perawatan-rambut-YLOrmyXmDM.jpg Ilustrasi minyak esensial untuk perawatan rambut. (Foto: Master1305/Freepik)

MEMILIKI rambut sehat, kuat, dan lebat menjadi idaman semua orang. Tidak jarang sebagian orang memilih mengeluarkan banyak uang supaya rambutnya tetap indah.

Tapi ternyata semua orang bisa merawat rambutnya sendiri dengan bahan-bahan alami, salah satunya minyak esensial atau ekstrak minyak harum yang didapat dari hasil penyulingan. Setidaknya ada lima minyak esensial yang bermanfaat untuk kesehatan rambut.

Baca juga: 7 Manfaat Minyak Jojoba untuk Kulit dan Rambut, Bisa Obati Luka Bakar 

Apa saja minyak esensial tersebut? Berikut daftarnya, seperti dikutip dari laman Times of India, Selasa (2/3/2021).

1. Minyak lavender

Minyak ini dikenal dapat membantu melawan kerontokan dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Kemudian memperbaiki sirkulasi darah di kulit kepala serta membantu mempertahankan untaian yang lebih kuat dan terlihat sehat.

Aroma minyak lavender yang menenangkan bisa membantu melemaskan saraf dan memiliki efek relaksasi saat dioleskan pada rambut.

Rambut wanita. (Foto: Cookie Studio Freepik)

2. Minyak ylang ylang

Ylang ylang juga dikenal sebagai bunga-bunga dan merupakan afrodisiak yang kuat. Minyak eksotis ini digunakan sebagai bahan utama pomade untuk menata rambut.

Selain itu, minyak ini juga dapat digunakan sebagai perapi rambut alami. Kemudian bisa meningkatkan produksi sebum yang membuatnya sehat dan tampak bergizi. Lalu ampuh mengusir kutu dan ketombe.

Baca juga: 5 Cara Mudah Meluruskan Rambut Tanpa Pakai Catokan Panas 

3. Minyak rosemary

Jika ingin meningkatkan ketebalan dan pertumbuhan rambut, minyak rosemary adalah pilihan yang tepat. Berfungsi meningkatkan suplai darah di kulit kepala, sehingga mempercepat pertumbuhan rambut.

Kemudian minyak ini membantu memulihkan jaringan di kulit kepala dan digunakan dalam berbagai perawatan pertumbuhan rambut. Minyak anti-inflamasi ini membantu menebalkan rambut.

4. Minyak atsiri cedarwood

Jenis minyak ini membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dan mengurangi rambut rontok dengan menyeimbangkan kelenjar minyak di kulit kepala.

Selain itu, memiliki sifat antijamur dan antibakteri yang membantu mengendalikan ketombe. Ini membantu melawan kerontokan dan menebalkan rambut. Minyak cedarwood juga memfasilitasi kesehatan kulit kepala yang baik.

Baca juga: 5 Cara Menumbuhkan Rambut Secara Alami, Dicoba Yuk 

5. Minyak pohon teh

Minyak ini menawarkan manfaat antibakteri, antivirus, antijamur, dan anti-inflamasi. Kemudian membantu membuka folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhannya.

Ini juga membantu mengurangi ketombe dan kulit kepala kering yang menimbulkan gatal. Lalu memelihara folikel rambut akar dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini