Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rendah Hati hingga Fokus, Tips Jitu Jadi Pemimpin Berkualitas

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Senin 08 Maret 2021 13:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 08 620 2374207 rendah-hati-hingga-fokus-tips-jitu-jadi-pemimpin-berkualitas-QfdfbedcBD.jpg Ilustrasi pemimpin berkualitas. (Foto: PchVector/Freepik)
A A A

SEORANG pemimpin berkualitas pasti akan disukai orang-orang di sekitarnya. Sebab dengan memiliki sifat ini, bisa mengajak orang lain untuk menjadi lebih baik.

Ciri-ciri pemimpin berkualitas adalah dapat menjadi contoh untuk bawahannya. Pemimpin yang hebat juga menemukan keseimbangan antara bisnis, kinerja, dan karakter.

Baca juga: 5 Kualitas Harus Dimiliki Seorang Leader saat Bekerja di Kantor 

Lalu bagaimana jika ingin menjadi pemimpin berkualitas? Berikut tipsnya, sebagaimana dijelaskan laman Biantracy.

1. Memiliki perencanaan strategis

Pemimpin berkualitas adalah yang sangat luar biasa dalam perencanaan strategis. Itu merupakan salah satu kekuatan penting kepemimpinan. Pemimpin memiliki kemampuan mengantisipasi tren, jauh sebelum pesaing mereka.

"Strategi bukanlah konsekuensi dari perencanaan, tetapi sebaliknya, itu adalah titik awal," terang Henry Mintzberg, akademisi sekaligus penulis terkenal.

Ilustrasi pemimpin. (Foto: Pressfoto/Freepik)

2. Memiliki visi

Pemimpin berkualitas memiliki visi untuk bisa melihat masa depan. Pemimpin memiliki gagasan yang jelas dan menarik tentang ke mana akan pergi serta apa yang ingin dicapai, kemudian sangat baik dalam perencanaan strategis.

Kualitas ini memisahkan mereka dari manajer. Memiliki visi yang jelas mengubah individu menjadi tipe orang yang spesial. Kualitas visi ini mengubah "manajer transaksional" menjadi "pemimpin transformasional". Sementara seorang manajer menyelesaikan pekerjaannya, para pemimpin yang hebat memanfaatkan kinerja karyawan mereka.

"Pemimpin bisnis yang baik menciptakan visi, mengartikulasikan visi, dengan penuh semangat memiliki visi, dan tanpa henti mendorongnya hingga selesai," ungkap Jack Welch, CEO legendaris di perusahaan besar di Amerika Serikat.

3. Berintegritas

Dalam setiap sesi perencanaan strategis yang Anda lakukan untuk perusahaan besar atau kecil, nilai pertama yang disetujui oleh semua eksekutif yang berkumpul untuk perusahaan mereka adalah integritas. Mereka semua sepakat tentang pentingnya kejujuran penuh dalam segala hal yang dilakukan, baik secara internal maupun eksternal.

Inti dari integritas adalah kejujuran. Integritas menuntut Anda selalu mengatakan yang sebenarnya, kepada semua orang, dalam setiap situasi. Kejujuran adalah kualitas dasar dari kepercayaan yang diperlukan untuk kesuksesan bisnis apa pun.

"Dengan integritas, Anda tidak perlu takut, karena Anda tidak menyembunyikan apa pun. Dengan integritas, Anda akan melakukan hal yang benar, jadi Anda tidak akan merasa bersalah," ucap pengarang tulisan Zig Ziglar.

Baca juga: Jangan Stres Alami Masalah Kulit Kombinasi, Atasi dengan Cara Ini 

4. Memiliki keberanian

Salah satu kualitas terpenting dari seorang pemimpin yang baik adalah keberanian. Memiliki kualitas keberanian berarti Anda bersedia mengambil risiko dalam pencapaian tujuan tanpa jaminan kesuksesan.

Sebab tidak ada kepastian dalam hidup atau bisnis, setiap komitmen yang Anda buat dan setiap tindakan yang diambil mengandung risiko. Di antara tujuh kualitas kepemimpinan, keberanian adalah sifat lahiriah yang paling mudah dikenali.

"Keberanian dengan tepat dianggap sebagai yang terpenting dari kebajikan, karena di atasnya semua orang bergantung," ucap Winston Churchill yang seorang politikus, perwira militer, dan penulis asal Inggris Raya.

Follow Berita Okezone di Google News

5. Memiliki kerendahan hati

Kerendahan hati dapat membuahkan hasil yang sesuai. Larry Bossidy, mantan CEO Honeywell dan penulis buku 'Execution', menjelaskan mengapa karakteristik kepemimpinan, seperti kerendahan hati, membuat Anda menjadi pemimpin yang lebih efektif.

"Makin bisa menahan ego, makin realistis Anda tentang masalah. Anda belajar bagaimana mendengarkan, dan mengakui bahwa tidak tahu semua jawabannya. Anda menunjukkan sikap yang dapat dipelajari dari siapa pun, kapan pun. Kebanggaan Anda tidak menghalangi pengumpulan informasi yang Anda butuhkan untuk mencapai hasil terbaik. Hal ini tidak menghalangi Anda untuk membagikan kredit yang perlu dibagikan. Kerendahan hati memungkinkan Anda untuk mengakui kesalahan Anda", ujar Larry Bossidy.

Pemimpin yang hebat adalah mereka yang kuat dan tegas, tetapi juga rendah hati. Kerendahan hati tidak berarti Anda lemah atau tidak percaya diri. Artinya, Anda memiliki rasa percaya diri dan kesadaran diri untuk mengakui nilai orang lain tanpa merasa terganggu.

Baca juga: Tips Sederhana Buat Makanan Sehat, Salah Satunya Beli Sayuran yang Bisa Dikukus 

6. Mudah bekerja sama

Kemampuan membuat semua orang bekerja dan bekerja sama sangat penting untuk kesuksesan Anda. Pemimpin berkualitas memiliki kemampuan membuat orang bekerja untuk Anda karena mereka menginginkannya dan memiliki keuntungan yang setimpal antara kedua belah pihak.

"Jika imajinasi Anda membuat orang lain tertarik dan mengabulkan permintaan Anda karena penting bagi mereka, sangat mudah untuk memiliki apa pun yang Anda kejar," ungkap penulis Napoleon Hill.

7. Fokus

Mereka fokus pada kekuatan organisasi, pada hal-hal yang paling baik dilakukan perusahaan dalam memuaskan pelanggan yang menuntut di pasar yang kompetitif. Pemimpin harus fokus pada hasil, pada apa yang harus dicapai sendiri, oleh orang lain, atau oleh perusahaan.

"Orang sukses mempertahankan fokus positif dalam hidup tidak peduli apa yang terjadi di sekitar mereka. Mereka tetap fokus pada kesuksesan masa lalu mereka daripada kegagalan masa lalu mereka, dan pada langkah-langkah tindakan selanjutnya yang perlu mereka ambil untuk membuat mereka lebih dekat dengan pemenuhan tujuan mereka daripada semua gangguan lain yang dialami dalam kehidupan mereka," papar Jack Canfield yang merupakan seorang penulis, motivator, pelatih perusahaan, dan pengusaha asal Amerika Serikat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini