Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Juventus Tersisih, Italia Tanpa Wakil di Perempatfinal Liga Champions 2020-2021?

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 10 Maret 2021 15:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 10 620 2375614 juventus-tersisih-italia-tanpa-wakil-di-perempatfinal-liga-champions-2020-2021-m07M2DXCaq.jpg Atalanta masih berpeluang lolos meski rada sulit (Foto: Atalanta BC)

ITALIA terancam tanpa wakil di Perempatfinal Liga Champions 2020-2021. Pasalnya, kampiun Serie A musim lalu, Juventus, sudah tersisih di Babak 16 Besar. Sementara itu, nasib dua wakil lainnya, tidak lebih baik dari Si Nyonya Tua.

Kegagalan Juventus melangkah ke babak berikutnya cukup disesalkan. Pasalnya, mereka hanya menghadapi kesebelasan berstatus underdog, FC Porto. Apalagi, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan berlaga di kandang sendiri pada leg kedua, Rabu (10/3/2021) dini hari WIB.

Baca juga: Juventus Tersingkir, Chiesa Alihkan Fokus ke Serie A

Juventus memang tertinggal 1-2 secara agregat dari leg pertama. Namun, peluang untuk lolos masih terbuka lebar bagi Bianconeri. Mereka hanya perlu menang dengan skor 1-0 atau selisih dua gol untuk melewati hadangan FC Porto.

Skuad Juventus tertunduk lesu (Foto: Reuters/Massimo Pinca)

Sayangnya, Juventus tak mampu memenuhi syarat untuk lolos. Mereka hanya bisa menang dengan skor 3-2 melawan FC Porto. Itu pun harus dibantu lewat babak tambahan. Anak buah Andrea Pirlo lantas tersingkir karena kalah jumlah gol tandang, sekali pun agregat imbang 4-4.

Baca juga: Juventus Tersingkir, Ini Penilaian Del Piero untuk Cristiano Ronaldo

Tersingkirnya Juventus menyisakan kegetiran bagi sepakbola Italia. Satu wakil Negeri Pizza lainnya, Inter Milan, sudah tersisih di fase grup. Kini, harapan ada di pundak dua wakil tersisa, Lazio dan Atalanta, yang baru akan bermain pekan depan.

Akan tetapi, Lazio jelas sulit berharap untuk lolos. Gli Aquilotti kalah telak 1-4 dari juara bertahan Liga Champions, Bayern Munich, pada leg I Babak 16 Besar, tiga pekan lalu. Skor agregat tersebut nyaris mustahil untuk dikejar pada leg kedua, Kamis 18 Maret 2021 dini hari WIB.

Syarat Lazio untuk lolos saja sudah berat. Anak asuh Simone Inzaghi wajib menang dengan skor 4-0 atas tuan rumah Bayern Munich! Menang melawan FC Hollywood saja sudah sulit, apalagi harus membuat sang juara bertahan terkapar. Peluang ada, tetapi laksana lolos dari lubang jarum.

Satu wakil lainnya, Atalanta, masih cukup realistis untuk lolos. La Dea memang tumbang 0-1 dari tamunya Real Madrid di leg I. Namun, syarat anak asuh Gian Piero Gasperini untuk lolos jauh lebih ringan ketimbang Lazio.

Lazio hampir mustahil lolos dari hadangan Bayern Munich (Foto: Reuters)

Skor 0-1 membuat Atalanta hanya perlu meraih kemenangan, selain dengan skor identik, untuk lolos dari sergapan Real Madrid. Sebab, mereka akan unggul jumlah gol tandang ketimbang Los Blancos. Namun, Real Madrid bukanlah tim sembarangan.

Klub kebanggaan Ibu Kota Spanyol itu adalah pengoleksi gelar terbanyak Liga Champions dengan 13 buah. Sementara Atalanta hanya anak bawang di Liga Champions. Karena itu, Italia mesti bersiap melihat tidak ada wakilnya di Perempatfinal Liga Champions 2020-2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini