Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Simak, 4 Penyakit yang Harus Diwaspadai saat Musim Hujan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 12 Maret 2021 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 12 620 2376652 simak-4-penyakit-yang-harus-diwaspadai-saat-musim-hujan-Q3EB4J0um8.jpg Ilustrasi musim hujan. (Foto: Torwaiphoto/Freepik)

SAAT musim hujan, ada beberapa penyakit yang biasa muncul. Ini disebabkan faktor cuaca yang lebih dingin, sistem imun lebih rendah, hingga nyamuk yang makin banyak berkembang biak saat musim hujan.

Terkait hal ini, dokter spesialis penyakit dalam Alex Ranuseto SpPD mengatakan bahwa potensi penyakit yang terjadi di musim hujan cukup besar.

"Potensi terjangkit penyakit di musim hujan cukup besar, karena saat musim hujan, sistem imun kita cenderung berkurang akibat aktivitas yang terbatas dan cuaca yang membuat kita malas, sehingga menghambat untuk berolahraga," kata dia dalam keterangannya, Jumat (12/3/2021).

Baca juga: 5 Manfaat Jahe saat Musim Hujan 

Oleh karena itu, beberapa penyakit wajib diwaspadai saat musim hujan. Apa saja penyakit itu? Berikut daftarnya, sebagaimana dikutip dari laman Unilab.

1. Demam berdarah dengue (DBD)

Gejala awal mirip dengan influenza yang disebut sebagai flu-like syndrome. Lebih tepatnya seperti kumpulan gejala penyakit yang mirip influenza dan khas dengan keluhan demam tinggi secara terus-menerus, baik siang maupun malam, disertai munculnya perdarahan di kulit hingga perdarahan yang menyebabkan syok dan kematian.

Ilustrasi sakit. (Foto: Shutterstock)

2. Leptospirosis

Leptospirosis adalah infeksi bakteri yang ditularkan ketika air seni atau feses hewan yang terinfeksi, seperti tikus mencemari tanah, air, dan tumbuh-tumbuhan. Seseorang bisa terkena leptospirosis ketika luka terbuka, kulit pecah, atau ketika mata, hidung, mulut, dan sinus bersentuhan dengan air yang terkontaminasi.

Baca juga: 4 Cara Murah Meriah Menjaga Imunitas Tubuh Selama Musim Hujan 

3. Hepatitis A

Ini merupakan penyakit akibat peradangan hati akibat virus hepatitis A. Penyakit ini akan menyebabkan keluhan flu-like syndrome yang diikuti dengan badan kuning. Penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya namun bila tidak diobati dengan baik bisa juga menyebabkan gagal hati akut yang berakibat kematian.

4. Flu (influenza)

Biasa dikenal dengan flu, influenza adalah infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan. Penularannya bisa terjadi melalui kontak dengan orang yang terinfeksi, seperti saat mereka bersin atau batuk.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini