Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada, 5 Kebiasaan Ini Justru Bikin Kulit Makin Berminyak

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 25 Maret 2021 14:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 25 620 2383879 waspada-5-kebiasaan-ini-justru-bikin-kulit-makin-berminyak-o2w1cUVRtS.jpg Ilustrasi kulit berminyak. (Foto: Shutterstock)

SEBUM memang membantu kulit tetap lembap dan terhidrasi. Tapi jika terlalu banyak, bisa menyebabkan kulit menjadi sangat berminyak. Ini dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, menimbulkan jerawat, dan hanya dapat dikontrol dengan mengambil beberapa tindakan.

Kulit adalah organ terbesar tubuh dan setiap orang perlu melindungi serta merawat kulit dengan cara yang benar. Jika mengabaikannya, bisa merusak kulit. Oleh karena itu, wajib tahu kebiasaan yang bisa membuat kulit makin berminyak.

Apa saja kebiasaan tersebut? Simak penjelasannya, seperti dinukil dari laman Times of India, Kamis (25/3/2021).

Baca juga: 4 Cara Alami Menjaga Kesehatan Kulit Bayi 

1. Jarang minum

Ketika tidak cukup minum, tubuh mulai menghidrasi diri sendiri dengan menjangkau kelenjar sebaceous. Ini kemudian mulai menghasilkan lebih banyak sebum dari biasanya. Produksi sebum yang berlebih akhirnya membuat kulit lebih berminyak dari biasanya.

Kulit wajah. (Foto: Senivpetro/Freepik)

2. Menggunakan minyak esensial yang salah

Ada berbagai jenis minyak esensial di pasaran untuk perawatan kulit. Namun untuk kulit berminyak, wajib lebih berhati-hati dalam menggunakan minyak ini karena bisa membuat kulit makin berminyak.

Minyak kelapa tidak disarankan bagi siapa pun yang memiliki kulit berminyak. Selain itu, jangan pernah menggunakan minyak kelapa jika Anda adalah orang yang memiliki kulit berminyak.

Baca juga: 5 Cara Mudah Meningkatkan Sirkulasi Darah agar Kulit Sehat 

3. Tidak menggunakan pelembap

Jangan sampai terkesan bahwa Anda tidak perlu menggunakan pelembap jika memiliki kulit berminyak. Setiap jenis kulit membutuhkan pelembap. Jenis pelembap akan berbeda dari satu jenis kulit ke jenis kulit lainnya. Jenis pelembap yang salah juga bisa membuat kulit lebih berminyak.

4. Menggunakan kosmetik comedogenic

Riasan tentunya telah menjadi bagian besar dari keseharian semua orang, seperti halnya perawatan kulit. Sebaiknya pilih produk kosmetik dengan sangat hati-hati, terutama untuk kulit berminyak. Produk comedogenic-lah yang bisa menyumbat pori-pori.

Pori-pori yang tertutup bisa mengakibatkan kulit menjadi berminyak dan mengeluarkan lebih banyak minyak. Maka itu, lebih baik menggunakan produk non comedogenic yang tidak akan menyumbat pori-pori dan bisa membantu mengurangi kemungkinan munculnya jerawat.

Baca juga: 5 Cara Sederhana Meremajakan Kulit, Tampak Muda dan Bercahaya 

5. Pola makan yang buruk dan perubahan hormone

Saat mengonsumsi makanan yang berminyak atau makanan olahan, bisa menyebabkan peningkatan produksi minyak di kulit.

Sangat penting menjaga pola makan seimbang dan hormon tetap pada jalurnya karena variasi hormon apa pun dapat menyebabkan sekresi sebum berlebih.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini