Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Manfaat Air Embun yang Wajib Diketahui

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Jum'at 26 Maret 2021 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 26 620 2384489 7-manfaat-air-embun-yang-wajib-diketahui-uqdrsXm9Kz.jpg Ilustrasi air embun. (Foto: Rawpixel/Freepik)

BANYAK di antara kita yang ketika pergi ke luar rumah pada pagi hari untuk memeriksa tanaman, melihat tetesan air di daunnya meski saat malam hari sebelumnya tidak turun hujan. Tetesan ini adalah air embun pagi yang berasal dari uap air. Embun pagi dikenal dingin dan menurut penelitian mengandung oksigen sebanyak 14 sampai 16 ppm.

Beberapa pihak mengklaim bahwa air embun ini sangat bermanfaat bagi tubuh. Untuk mendapatkan sejumlah air embun yang cukup, sebaiknya letakkan wadah berisi air di ruang terbuka sepanjang malam hingga fajar tiba. Pastikan air tidak terkena kotoran, debu, air hujan, atau polusi.

Baca juga: Suhu Tubuh Tinggi, Obati dengan 5 Minuman Sehat Ini 

Lalu, apa manfaat air embun untuk manusia? Berikut penjelasannya, seperti dikutip dari laman Drhealthbenefits.

1. Menyegarkan tubuh

Aktivitas padat yang membuat seseorang begadang sepanjang malam sangat melelahkan dan melemahkan tubuh. Supaya semangat itu kembali, bisa minum air embun pagi agar tubuh segar kembali dan siap beraktivitas keesokan harinya.

Ilustrasi air embun. (Foto: Rawpixel/Freepik)

2. Mengantisipasi jerawat

Kandungan oksigen yang tinggi di dalam embun pagi juga membuatnya cocok untuk perawatan kulit dan melindunginya dari jerawat. Meski wajah kita sudah terlanjur berjerawat, embun pagi juga bisa dimanfaatkan sebagai solusi instan. Anda bisa meminumnya atau menyemprotkannya ke wajah, sesuai keinginan Anda.

3. Mencegah wajah berminyak

Masalah umum kedua pada wajah kita setelah jerawat adalah wajah berminyak. Mengonsumsi embun pagi juga membantu mengurangi wajah berminyak. Sementara itu, wajah berminyak sendiri terjadi karena minyak berlebih yang dihasilkan pori-pori wajah sehingga wajah kita terlihat lengket.

Baca juga: 5 Cara Tingkatkan Kadar Serotonin, Hormon yang Berperan sebagai Moodbooster 

4. Membersihkan tenggorokan

Saat pita suara kita banyak digunakan untuk aktivitas seperti berbicara, berteriak atau bernyanyi, suara kita menjadi serak. Untuk mengurangi suara serak, salah satu cara melakukannya adalah dengan mengonsumsi embun pagi. Dengan melakukan itu kemampuan vokal kita pada akhirnya akan pulih.

5. Membuat tubuh bekerja lebih efisien

Embun pagi telah menjadi pilihan minuman bagi para atlet untuk lebih mengefisienkan pengeluaran energinya. Hal ini karena embun pagi memiliki kemampuan untuk meningkatkan efisiensi pelepasan energi sebesar 20–30 persen sehingga dapat memaksimalkan aktivitas sehari-hari tanpa mudah lelah.

Baca juga: Beautypedia, Ketahui Penyebab Leher Gelap dan Cara Mencerahkannya 

6. Menjaga ginjal

Dengan efisiensi energi tubuh yang tinggi, beban kerja ginjal kita menjadi lebih ringan, yang berarti kesehatan ginjal lebih seimbang. Sebab, ginjal merupakan salah satu organ yang paling vital dan berperan utama dalam mengolah cairan tubuh.

7. Mengurangi kerusakan pada mata

Sakit mata biasanya ditandai dengan kemerahan dan kesulitan membuka mata begitu kita bangun di pagi hari. Untuk mengatasinya kita bisa meletakkan beberapa tetes embun pagi bersih segar ke mata kita yang terkena. Hal ini karena air embun sendiri mempunyai kadar oksigen tinggi yang memberikan efek segar pada mata.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini