Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Manfaat Madu untuk Kulit, Hilangkan Komedo hingga Obati Eksim

Frestin Thalia Aninatha, Jurnalis · Senin 29 Maret 2021 16:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 620 2385971 6-manfaat-madu-untuk-kulit-hilangkan-komedo-hingga-obati-eksim-czTuqqEd5w.jpg Ilustrasi madu. (Foto: Freepik)

MADU sering digunakan sebagai bahan alami pembuatan masker atau perawatan tubuh. Manfaat madu untuk kulit sangatlah banyak. Madu dapat digunakan untuk mengobati penyakit kulit ringan hingga iritasi. Sebagai bahan rumahan, madu sangat bagus untuk merawat berbagai kondisi kulit lho.

Memiliki sifat pelembap alami, madu dapat membantu melembutkan lapisan atas kulit dan memberikan hidrasi bagi lapisan kulit di bawahnya. Berikut manfaat madu untuk perawatan kulit, seperti dirangkum dari laman Feminaindia, Senin (23/3/2021).

Baca juga: Benarkah Madu Tidak Akan Basi? 

1. Mengobati jerawat, psoriasis, dan eksim

Madu memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Sifat-sifat ini berperan penting dalam menghilangkan minyak berlebih dari kulit dan membersihkan pori-pori yang tersumbat. Selain itu madu berguna untuk mencegah penyebab munculnya jerawat seperti jerawat, komedo, dan komedo putih juga lho.

Selain bisa mengatasi masalah jerawat, masalah kulit lain seperti eksim dan psoriasis juga dapat diatasi dengan madu. Kondisi kulit yang meradang dan kemerahan, meskipun uji tempel harus dilakukan sebelumnya.

Madu. (Foto: Racool Studio/Freepik)

2. Mencerahkan kulit

Madu memiliki sifat mencerahkan kulit sekaligus melembapkan wajah setelah digunakan. Madu juga baik untuk merawat kulit kering, kulit berminyak, rawan jerawat (acne prone), dan kombinasi juga. Sifat pelembap yang dimiliki madu membuat kulit terhidrasi tanpa menimbulkan rasa lengket dan berminyak. Aplikasikan madu ke wajah, tunggu beberapa menit kemudian bilas. Kulit akan terhidrasi dan tampak lebih bersinar.

Baca juga: Jangan Berhenti Konsumsi Madu, Kenali Khasiatnya untuk Tubuh 

3. Memudarkan bekas luka

Madu memiliki sifat antiseptik alami yang membantu penyembuhan luka. Oleh karena itu, madu tidak hanya bagus untuk menjaga kulit tetap lembap, tetapi juga membantu memudarkan bekas luka. Madu dapat memudarkan bekas luka di wajah lebih cepat dengan mengurangi peradangan dan meregenerasi kulit. Selain untuk memudarkan bekas jerawat, madu juga berguna mengobati luka bakar dan luka dalam.

4. Mengatasi tanda-tanda penuaan

Antioksidan alami yang ada dalam madu menjadi humektan alami yang membantu mengatasi tanda-tanda penuaan secara menyeluruh. Madu dapat membantu mengontrol munculnya kerutan dan garis halus di wajah. Madu dapat memberi kelembaban pada kulit. Antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat membantu memperbaiki kulit. Oleskan madu pada wajah, kulit terasa lebih kenyal sehingga tampak awet muda dan bercahaya.

Baca juga: 4 Cara Membedakan Madu Asli atau Palsu, Jangan Sampai Salah Ya 

5. Membersihkan pori-pori dan menghilangkan komedo

Madu sangat efektif membantu menghilangkan komedo dan pembersih pori secara menyeluruh tanpa mengganggu keseimbangan pH kulit. Madu membantu menembus kulit secara mendalam, melembutkan lapisan kulit lalu bekerja menghilangkan kotoran dari pori-pori termasuk kotoran penyebab komedo.

6. Mengobati sunburns

Sering beraktivitas di luar ruangan akan membuat kulit terpapar sinar UV. Kulit terbakar sering terjadi akibat tidak memakai pelindung matahari seperti SPF/sunsblock. Akibatnya, kulit menjadi kemerahan, kering dan meradang. Untuk mendinginkan dan merawat kulit dalam situasi seperti itu, langsung oleskan campuran satu bagian madu mentah dengan dua bagian gel lidah buaya pada area yang terkena. Jangan gosokkan ke dalam campuran, biarkan saja dan dinginkan kulit dalam lapisan tebal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini