Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Peradangan hingga Lancarkan Pencernaan, Minum Jus Buah Ini Saja

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Senin 29 Maret 2021 17:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 620 2386018 cegah-peradangan-hingga-lancarkan-pencernaan-minum-jus-buah-ini-saja-iPqhha23CL.jpg Ilustrasi jus buah. (Foto: Silviarita/Pixabay)

BANYAK manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi jus buah. Sebab, buah sendiri memiliki kandungan nutrisi yang melimpah.

Selain itu, meminum jus buah sangat praktis, cocok untuk mereka yang sangat sibuk dengan aktivitas sehari-hari. Jadi, jus buah bisa diminum kapan saja.

Baca juga: Susah Buang Air Besar? Ini 5 Jus Buah yang Bisa Mengatasinya 

Meskipun buah bermacam-macam, tidak semuanya enak dijadikan jus. Umumnya jus buah terbuat dari jambu, jeruk, alpukat, apel, dan sebagainya.

Tapi tahukah Anda, ada beberapa jus buah yang lebih menyehatkan dari yang diketahui selama ini? Simak daftarnya, sebagaimana dipaparkan laman The Healthy.

1. Jus limun, mencegah batu ginjal

Jika Anda pernah menderita batu ginjal, maka risiko kambuh akan berkurang sebanyak 90 persen dengan minun jus limun setiap hari. "Campurkan 4 ons jus lemon dengan 2 liter air, langsung minumlah," ungkap Roger L Sur MD, direktur University of California, San Diego, Comprehensive Kidney Stone Center.

Jus buah. (Foto: Racool Studio/Freepik)

2. Jus delima, mengandung antioksidan penangkal penyakit

Jus delima kaya nutrisi penting yang disebut antioksidan. Faktanya, jus buah delima memiliki lebih banyak antioksidan dibandingkan teh hijau atau anggur merah. Antioksidan tersebut melindungi sel dari radikal bebas. Kandungan antioksidan yang tinggi ini bersifat anti-inflamasi yang melindungi dari penyakit jantung.

3. Jus jeruk, mencegah peradangan

Menurut beberapa penelitian, jus jeruk tidak hanya bersifat anti-inflamasi, tapi jika mengonsumsinya dalam jangka panjang membuat rendah kolesterol jahat (LDL). Sementara menurut penelitian pada 2017 di jurnal Food and Function, minum beberapa gelas jus jeruk dapat mencegah peradangan yang dipicu makanan berlemak tinggi.

Baca juga: Mengonsumsi Buah yang Dipotong atau Dijus, Lebih Sehat Mana? 

4. Jus prune, melancarkan pencernaan

Jus prune mengandung antioksidan, potasium, dan serat. Kemudian mengandung dosis pencahar alami yang sehat, yakni gula alkohol sorbitol dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Saat sembelit, Anda bisa minum jus ini.

5. Jus anggur, meningkatkan fungsi otak

Jus anggur merupakan sumber antosianin baik, antioksidan yang dapat meningkatkan fungsi otak. Dalam sebuah studi pada 2017 yang diterbitkan European Journal of Nutrition, para peneliti menganalisis orang tua yang minum jus anggur. Mereka yang meminum jus anggur setiap hari selama 12 minggu mengalami peningkatan pada tes memori.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini