Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Cara Jitu Membuat Kulit Lebih Sehat dan Bercahaya

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Rabu 07 April 2021 13:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 07 620 2390776 5-cara-jitu-membuat-kulit-lebih-sehat-dan-bercahaya-7cbLhuryYC.jpg Ilustrasi kulit sehat. (Foto: Jcomp/Freepik)

PERAWATAN kulit yang baik akan membuat lebih sehat dan bercahaya. Langkahnya termasuk pembersihan dengan lembut dan perlindungan dari paparan sinar matahari.

Awali perawatan kulit dengan menguasai dasar-dasarnya. Pilihan perawatan kulit yang baik dan pola hidup sehat dapat membantu menunda penuaan dini dan mencegah berbagai masalah kulit.

Lantas, apa saja cara menjaga kesehatan kulit agar tetap sehat? Berikut ini tipsnya, seperti dikutip dari laman Mayoclinic, Rabu (7/6/2021).

Baca juga: Mengenal Minyak Argan, Sangat Bermanfaat untuk Kulit hingga Jantung 

1. Lindungi diri dari sinar matahari

Salah satu cara terpenting untuk merawat kulit adalah melindungi dari sinar matahari. Paparan sinar matahari bisa menyebabkan keriput, bintik-bintik penuaan dini, dan masalah kulit lainnya. Kemudian juga meningkatkan risiko kanker kulit.

Cara perlindungan dari sinar matahari dapat menggunakan tabir surya. Pakai tabir surya spektrum luas dengan SPF minimal 15. Oleskan tabir surya secara banyak dan oleskan kembali setiap 2 jam atau lebih sering jika berenang atau berkeringat.

Kulit wajah. (foto: Prostooleh/Freepik)

2. Makan makanan sehat

Pola makan yang sehat dapat membantu tampil lebih baik. Makan banyak buah, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak bisa menghasilkan kulit tampak lebih muda. Minum banyak air juga membuat kulit tetap terhidrasi.

3. Kelola stres

Stres yang tidak terkontrol dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif serta memicu munculnya jerawat dan masalah kulit lainnya. Guna mendapatkan kulit yang sehat, ambil langkah-langkah untuk mengelola stres. Tidur yang cukup, kurangi daftar tugas, dan luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang disukai. Hasilnya mungkin lebih dramatis dari yang diharapkan.

Baca juga: 5 Khasiat Madu untuk Kulit, Melembapkan hingga Hilangkan Jerawat 

4. Jangan merokok

Merokok membuat kulit terlihat lebih tua dan menyebabkan kerutan. Merokok mempersempit pembuluh darah kecil di lapisan terluar kulit yang menurunkan aliran darah serta membuat kulit lebih pucat. Ini juga menghabiskan oksigen dan nutrisi yang penting untuk kesehatan kulit.

Merokok merusak kolagen dan elastin serat yang memberikan kekuatan dan elastisitas kulit. Selain itu, ekspresi wajah berulang yang dilakukan saat merokok, seperti mengerutkan bibir saat menghirup dan menyipitkan mata untuk mencegah asap, dapat menimbulkan kerutan.

5. Rawat kulit dengan lembut

Atur waktu mandi. Air panas dan mandi yang terlalu lama dapat menghilangkan minyak dari kulit. Batasi waktu mandi dan kurangi penggunaan air hangat. Hindari sabun yang kuat. Sabun dan detergen yang kuat bisa menghilangkan minyak dari kulit.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini