Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yuk Ajari Anak Pakai Masker, Begini Tips dari Dokter Reisa

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 07 Mei 2021 18:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 07 620 2407330 yuk-ajari-anak-pakai-masker-begini-tips-dari-dokter-reisa-dcVhzeZSgh.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)
A A A

MENGAJARI anak agar mau pakai masker enggak sulit kok. Begitu juga saat mereka harus menjaga jarak dan mencuci tangan. 

Apalagi pada masa sekolah tatap muka terbatas di banyak daerah, protokol kesehatan 3M harus diterapkan ketat. Ini menjadi syarat pembelajaran tatap muka yang harus diterapkan.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Reisa Broto Asmoro menjelaskan, penerapan protokol kesehatan menjadi sangat penting, lantaran penularan Covid-19 dapat terjadi secara langsung maupun tidak langsung.

Penularan secara langsung dikenal dengan droplet, yakni keluarnya percikan air dari mulut dan hidung yang mengandung virus. Sedangkan tidak langsung adalah melalui benda-benda yang ada di sekitar.

msker

Baca Juga: Ini Dampak Kesehatan bagi Mereka yang Nekat Mudik Lebaran

"Ingat, tempat masuknya virus itu cuma ada tiga, mata, hidung dan mulut. Virus masuk lewat baju dan enggak bisa, jadi apa yang kita lakukan itu cuma mencegah terjadinya penularan dengan kontak langsung atau tidak langsung ini," ungkap dia saat webinar Sekolah/Madrasah Tanggap Covid-19 melalui Pendekatan School Of Five, Jumat (7/5/2021).

Jika sekolah buka, menurutnya, orangtua harus menjadi pengawas. Orangtua harus turun tangan untuk pembukaan sekolah agar proteksi terhadap Covid-19 lebih baik.

Selain itu, orangtua juga perlu komunikasi dengan baik saat pendekatan terhadap anak. Orangtua harus mengajarkan pentingnya 3M kepada anak dengan cara yang sederhana.

Follow Berita Okezone di Google News

"Jadi anak itu sebenarnya bisa kita ajak komunikasi dan dianggap sebagai mana juga orang deewasa. Ketika mengajarkan 3M harus terbuka, bahasanya jangan yang rumit-rumit, misal untuk cuci tangan harus 6 langkah.

Begitu juga dengan pakai masker. Walau menjadi hal yang sangat baru, anak-anak harus sudah siap pakai masker saat sekolah.

"Agar anak mau pakai, ajak anaknya memilih masker yang nyaman. Mereka bisa memilih sendiri dan cara pakai gimana diajarkan."

"Anak-anak memang belum banyak keluar rumah juga bisa dibiasakan. Misal mau ke taman atau depan rumah, jadi mereka harus tahu dan terbiasa," terangnya.

Sementara itu, menurut Reisa, hal yang paling sulit untuk mencegah Covid-19 adalah mengajarkan anak untuk menjaga jarak. Namun ini bisa diatasi dengan contoh sederhana.

"Misal kalau dekat-dekat sama teman virus ini bisa terbang, kalau di rumah sakit enggak enak, enggak sama mama loh, gimana jadinya," tuturnya.

Jadi, anak-anak harus tetap diajak komunikasi dua arah untuk belajar mengenal 3M ini. Mereka juga harus paham dan mengerti dalam menerapkan 3M ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini