Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Manfaat Ubi Jalar, Tidak Hanya Ampuh Menurunkan Berat Badan Lho

Bertold Ananda, Jurnalis · Selasa 15 Juni 2021 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 15 620 2425267 5-manfaat-ubi-jalar-tidak-hanya-ampuh-menurunkan-berat-badan-lho-GgaF4nNbLy.jpg Ubi jalar. (Foto: Dashu83/Freepik)

UBI jalar merupakan makanan yang enak dan bergizi. Tidak hanya memiliki rasa lezat, ubi jalar juga mengandung vitamin A, mineral, dan senyawa tanaman yang disebut fitonutrien. Ini sangat bagus untuk kesehatan tubuh manusia.

Ubi jalar disebut sebagai sayuran yang bisa membuat badan gemuk karena diganggap memiliki kandungan kalori tinggi. Nyatanya i itu tidak benar. Faktanya, ubi jalar dianggap sebagai alternatif sehat sama seperti kentang biasa dan telah terbukti secara ilmiah membantu menurunkan berat badan.

Berikut deretan manfaat yang didapat dari ubi jalar, selain bisa membantu menurunkan berat badan, seperti dirangkum dari laman Timesofindia.

Baca juga: Begini Cara Mencerahkan Kulit dengan Ubi Jalar, Coba Yuk 

1. Melancarkan pencernaan

Ubi jalar kaya serat yang membantu Anda tetap merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian mencegah makan berlebihan. Serat juga melancarkan pencernaan. Mengonsumsi ubi jalar kaya serat bisa meningkatkan metabolisme, pencernaan, dan dengan demikian membantu penurunan berat badan.

Ubi jalar.

2. Penambah energi

Karbohidrat tidak boleh diabaikan sepenuhnya, bahkan saat Anda sedang berusaha menurunkan berat badan. Karbohidrat memberi tubuh energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Kandungan dari 300 gram kentang tumbuk mengandung total 58 gram karbohidrat, sebanyak 8,25 gram di antaranya adalah karbohidrat kompleks (serat makanan).

3. Indeks glikemik rendah

Indeks gligemik (GI) adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat setiap jenis makanan. Makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat menyebabkan gula darah tinggi. Mengonsumsi terlalu banyak makanan ini bisa menyebabkan resistensi insulin dan bahkan meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Meskipun ubi jalar terasa manis, indeks glikemik dari ubi jalar ternyata rendah.

Baca juga: Cuaca Panas Bikin Rambut Rusak? Sehatkan Lagi dengan 3 Cara Alami Ini 

4. Membantu rehidrasi

Mengkonsumsi ubi jalar dapat membantu rehidrasi sel-sel tubuh dan memberikan metabolisme pada tubuh Anda. Jika sayuran mengandung air yang rendah maka bisa menimbulkan dehidrasi pada tubuh yang dapat memperlambat metabolisme Anda.

5. Cegah peradangan

Ubi jalar memiliki banyak antioksidan yang menginduksi seng superoksida, katalase, dan sporamin. Antioksidan ini melindungi tubuh dari berbagai penyakit peradangan dan memperkuat sistem metabolisme tubuh Anda.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini