Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Manfaat Daun Sirih Merah, Bisa Mempercepat Penyembuhan Luka Lho

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Sabtu 19 Juni 2021 09:56 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 19 620 2427624 6-manfaat-daun-sirih-merah-bisa-mempercepat-penyembuhan-luka-lho-ci05tfLORL.jpg Ilustrasi daun sirih merah. (Foto: Specialityproduce)
A A A

DAUN sirih merah atau Piper crocatum memang dikenal memiliki segudang manfaat kesehatan. Berkat manfaatnya, daun sirih merah digunakan secara turun-temurun di Indonesia sebagai salah satu obat tradisional.

Biasanya daun sirih merah dikonsumsi dengan cara diminum air rebusannya atau langsung dikunyah. Selain itu, ada juga suplemen yang dibuat dari ekstrak daun sirih merah.

Baca juga: Kenali Sederet Manfaat Daun Sirih, Penangkal Kanker hingga Cegah Infeksi 

Manfaat daun sirih merah didapat berkat beragam senyawa yang terkandung. Di antaranya flavonoid, fenol, alkaloid, polifenolat, tanin, saponin, dan senyawa minyak atsiri.

Lantas, apa saja manfaat dari daun sirih merah untuk kesehatan tubuh manusia? Berikut penjelasannya, seperti telah MNC Portal rangkum.

1. Mencegah infeksi bakteri

Mencegah infeksi bakteri juga merupakan manfaat daun sirih merah lainnya. Penelitian menyebutkan fenol dan flavonoid dalam daun sirih merah memiliki sifat antibakteri, sehingga mampu menghambat perkembangan bakteri Staphylococcus yang dapat menyebabkan infeksi methicillin-resistant Staphylococcus aereus (MRSA).

Ilustrasi daun sirih merah.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Daun sirih merah mengandung senyawa saponin. Sifat antiseptik yang dimiliki senyawa ini bermanfaat mempercepat penyembuhan luka terbuka. Selain itu, senyawa tanin di dalam daun sirih merah bisa memicu terbentuknya kolagen (protein yang memberi tekstur elastis pada kulit). Kolagen dapat membuat tepi luka untuk menyusut dan menutup dan luka bisa sembuh dengan lebih cepat.

Baca juga: Manfaat Daun Sirih untuk Wajah, Apa Saja? 

3. Melawan radikal bebas

Kandungan flavonoid, tanin, polifenol, dan alkaloid dalam daun sirih merah memiliki sifat antioksidan yang sangat baik. Sifat antioksidan ini bermanfaat untuk melawan radikal bebas berlebih yang berpotensi menyebabkan kerusakan sel-sel dalam tubuh.

Dengan begitu, Anda akan terhindar dari risiko mengalami berbagai penyakit kronis akibat radikal bebas berlebih, seperti aterosklerosis, penyakit jantung iskemik, penyakit alzheimer, dan kanker.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Mengobati rheumatoid arthritis

Penelitian menyatakan bahwa ekstrak daun sirih merah memiliki potensi untuk digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan rheumatoid arthritis. Pasalnya, berbagai senyawa di dalam daun sirih merah, seperti flavonoid dan fenol memiliki sifat anti-inflamasi, bermanfaat meredakan peradangan akibat penyakit rheumatoid arthritis.

Baca juga: 5 Manfaat Daun Sirih bagi Wanita, Penting Diketahui 

5. Mencegah pembentukan plak gigi

Daun sirih merah juga bermanfaat mencegah pembentukan dan mengurangi penumpukan plak gigi. Manfaat daun sirih merah ini didapatkan dari minyak atsiri yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab plak gigi, seperti Streptococcus mutans, Lactobacillus caesal, dan Actinomices viscosus.

6. Mengobati diabetes

Daun sirih merah juga sudah lama digunakan sebagai salah satu obat tradisional untuk mengatasi penyakit diabetes. Penelitian menyebutkan bahwa daun sirih merah mampu menurunkan kadar gula berlebih dalam darah sebesar 10 hingga 38 persen. Manfaat daun sirih merah yang satu ini diduga didapat dari kandungan alkaloid, flavonoid, dan tanin yang ada di dalamnya.

Meski ada banyak manfaat daun sirih merah, beragam manfaat tersebut masih perlu adanya penelitian lebih lanjut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini