Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

LSM Tanam 1.000 Pohon Untuk Hijaukan Kota di Irak

Agregasi VOA, Jurnalis · Senin 21 Juni 2021 14:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 21 620 2428435 lsm-tanam-1-000-pohon-untuk-hijaukan-kota-di-irak-cPAIdGSP45.jpg Relawan menanam bibit pohon di bekas lokasi pembuangan sampah dengan tujuan mengalihfungsikannya untuk menjadi taman di Zakho, Distrik Dohuk, Irak, 22 Januari 2020. (Foto: Reuters)

BAGHDAD — Beberapa LSM dan relawan di Sulaymaniyah, Irak berkumpul untuk menanam lebih dari 1.000 pohon untuk meningkatkan area urban yang hijau di kota itu. ​Pemerintah Regional Kurdistan tahun lalu mengumumkan bahwa kota-kota di wilayah Kurdi itu berada di bawah standar global untuk menyisihkan sedikitnya 15-30% area hijau. LSM-LSM itu berusaha mengubahnya. ​

"Hari ini kami berhasil menanam ratusan pohon. Kami berencana menanam lebih dari 1.000 pohon saat proyek ini selesai," kata Zimnako Ismail. 

BACA JUGA: 5 Fakta Pernyataan Kontroversial Presiden Irak, Rp2.154 Triliun Dicuri Sejak Invasi AS

"Ini adalah proyek penanaman pohon keempat yang kami ikuti. Sebelumnya kami melakukan kegiatan yang sama dengan Gunung Goizha, bukit Mama Yare, dan beberapa tempat lain di kota ini. Kami juga melakukan kegiatan kemanusiaan," ujar Shahez Abdulkhaliq​.

Tujuan penanaman pohon tersebut bukan hanya membuat keadaan jadi lebih indah dipandang, tapi juga memperbaiki lingkungan pada umumnya.

"Area hijau urban di Sulaymaniyah terus berkurang. Setiap tahun, kami berpartisipasi dalam berbagai aktivitas untuk melindungi lingkungan kota.

Tahun ini kami melakukan aktivitas yang sama, dan kami harap usaha kami berhasil," kata Runak Heme Gherib​, Tim Pembawa Perdamaian Kristen​.

BACA JUGA: Serunya Siswa Tanam Pohon pada Gerakan Penghijauan Indonesia

"Ada banyak mobil di kota ini yang menyebabkan polusi dan area hijau terlalu sedikit. Kami berencana meningkatkannya dengan menanam pepohonan, agar lingkungan lebih bersih dan penyakit berkurang. Kota ini sangat memerlukannya," tambah Shahez Abdulkhaliq​.

Para relawan yakin bahwa dengan area hijau tambahan, tidak hanya bisa menciptakan lingkungan yang lebih sehat bagi masyarakat, tapi juga membantu melawan perubahan iklim.

(dka)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini