Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Coba Yuk 4 Masker Alami Rambut Ini, Bikin Tambah Sehat dan Tetap Cantik

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 24 Juni 2021 09:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 24 620 2430102 coba-yuk-4-masker-alami-rambut-ini-bikin-tambah-sehat-dan-tetap-cantik-e5PlaudW6h.jpg Ilustrasi rambut sehat. (Foto: Lookstudio/Freepik)
A A A

MEMILIKI rambut yang indah, berkilau, lebat, dan sehat adalah impian semua orang, khususnya perempuan. Sebab rambut adalah bagian dari kepercayaan diri seseorang, baik yang mengenakan hijab atau tidak.

Namun kerap kali seseorang mengalami permasalahan pada rambut dan harus menjalani perawatan dengan biaya cukup mahal apabila melakukannya ke salon. Tapi jangan khawatir, karena ada beberapa bahan alami yang bisa membuat rambutmu kembali indah dan sehat.

Sebagaimana dilansir laman Times of India, berikut empat bahan alami untuk perawatan rambutmu. Mudah didapat dan tentunya lebih hemat.

Baca juga: Rambut Rusak karena Panas, Atasi dengan 5 Pengobatan Alami Rumahan Ini 

1. Kentang

Tidak ada yang mengira kalau kentang juga bisa dijadikan masker luntuk perawatan rambut. Caranya, kupas kulit satu buah kentang besar dan parut. Peras airnya ke dalam mangkuk. Campurkan dua sendok makan gel lidah buaya ke dalamnya. Aduk rata hingga campuran menjadi tekstur yang halus.

Kemudian pijat ke kulit kepala selama 15 menit lalu biarkan masker selama 2 jam sebelum dibilas. Masker ini membantu pertumbuhan rambut serta melawan kerontokan.

Kentang.

2. Pisang

Pisang tidak hanya enak dimakan, buah satu ini juga bisa dijadikan masker untuk perawatan rambutmu. Bagaimana caranya? Hancurkan 2 buah pisang matang hingga halus. Kemudian tambahkan 2 sendok mayones dan 1 sendok minyak zaitun. Oleskan dan biarkan rambut selama satu 1.

Cuci rambut dengan air hangat, karena pisang dikenal dengan efeknya yang melembutkan pada rambut, masker ini sangat cocok untuk wanita yang memiliki rambut kusam dan kasar.

Baca juga: Alquran dan Sains: Tumbuhnya Uban Akibat Emosi dan Rasa Takut 

3. Alpukat

Selanjutnya, buah alpukat juga bisa dijadikan maasker untuk peerawatan rambut yang alami. Hancurkan alpukat dan tambahkan mayones dengan perbandingan 1:2. Alpukat merupakan salah satu solusi alami terbaik untuk menghaluskan rambut kering dan kusam. Kemudian setelah itu campuran tersebut ke rambut, cuci bersih dengan air keran setelah 30 menit.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Krim kelapa

Selain minyaknya, krim kelapa juga bagus buat rambutmu, yaitu dengan dijadaikan masker. Caranya keluarkan semua krim di bagian bawah kelapa hijau yang empuk. Taruh di piring dan hangatkan sedikit. Pijat perlahan ke rambut dari akar ke ujung.

Setelah itu bungkus rambut dengan handuk hangat dan biarkan selama 1 jam. Cuci dengan sampo ringan dan biarkan rambut mengering secara alami.

Jika dilakukan secara teratur, cara ini dapat membantu mengembalikan kilau rambutmu yang rusak dan juga membuatnya berkilau.

Baca juga: 4 Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Rambut, Bisa Hilangkan Kutu Lho 

Minyak kelapa. (Foto: Mybttrm)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini