Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penyebab Suporter Denmark dan Wales Tak Bisa Dukung Tim Kesayangan di 16 Besar Piala Eropa 2020

Sri Lestari Rahayuningtyas, Jurnalis · Jum'at 25 Juni 2021 20:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 25 620 2431051 penyebab-suporter-denmark-dan-wales-tak-bisa-dukung-tim-kesayangan-di-16-besar-piala-eropa-2020-PgnSiImoRc.jpg Timnas Denmark (Foto: Reuters)

AMSTERDAM – Suporter Tim Nasional (Timnas) Denmark mengaku kecewa karena dilarang menghadiri laga babak 16 besar Piala Eropa 2020 yang dilangsungkan di Stadion Johan Cruyff Arena. Larangan tersebut mengikuti kebijakan Pemerintah Belanda.

Meskipun dilarang, suporter tetap ada yang nekat untuk menonton pertandingan di Belanda. Sudah banyak suporter yang terjaring di Bandara Kota Amsterdam dan ditahan pihak Bea Cukai setempat.

Timnas Denmark (Foto: Reuters)

Sebagaimana diketahui, Denmark akan bertemu Wales di babak 16 besar Piala Eropa 2020 yang berlangsung di Johan Cruyff Arena, Amsterdam pada Sabtu 26 Juni 2021 pukul 23.00 WIB. Meski begitu, bukan hanya suporter Denmark yang dilarang datang ke Belanda. Fans Wales pun demikian karena mereka berstatus warga non-Uni Eropa.

BACA JUGA: 3 Suporter Terinfeksi Covid-19 Varian Delta di Stadion Parken, 4 Ribu Orang Akan Jalani Tes Virus Corona

Lantas, bagaimana regulasi yang ditetapkan pemerintah Belanda terkait masalah di atas Menurut laporan Daily Post, Jumat (25/6/2021), Chief Operating Officer (COO) Kementerian Luar Negeri Denmark, Erick Brogger Ramussen, mengungkapkan bahwa suporter Denmark sebenarnya diizinkan datang ke Belanda.

Asalkan, mempunyai hasil tes PCR negatif yang berlaku 72 jam terakhir, atau tiga hari sebelum tiba di Belanda. Namun, suporter Denmark tak diizinkan berlama-lama berada di Belanda. Mereka hanya diizinkan berada di sana selama 12 jam.

Jika lebih dari 12 jam menetap di Belanda, mereka harus menjalani isolasi mandiri selama 10 hari di sana. Hal itulah yang memberatkan fans Denmark. Sebab, jika Denmark lolos ke perempatfinal, mereka otomatis tak bisa mendukung tim kesayangannya secara langsung, mengingat sedang menjalani isolasi mandiri di Belanda.

Karena itulah, fans Denmark dan Wales sempat meminta laga digelar di Stadion Wembley, Inggris. Sebab, aturan di sana jauh lebih fleksibel.

 Timnas Denmark (Foto: Reuters)

“Kecewa rasanya seperti diskriminasi,” kata salah satu suporter Wales, dikutip dari Daily Post, Jumat (25/6/2021).

“Mengapa tidak bisa memainkannya di Wembley saja, sehingga kedua kelompok penggemar bisa pergi?,” tutup suporter tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini