Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mau Berkurban? Ini Dia Ciri-Ciri Hewan yang Sehat dan Layak

Ahmad Haidir, Jurnalis · Selasa 29 Juni 2021 13:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 29 620 2432599 mau-berkurban-ini-dia-ciri-ciri-hewan-yang-sehat-dan-layak-SB63ur7mU7.jpg Ilustrasi ciri-ciri hewan kurban sehat. (Foto: Tawatchai07/Freepik)

TIDAK terasa umat Islam akan kembali berjumpa dengan hari raya Idul Adha 1442 Hijriah/2021 Masehi. Mendekati Idul Adha, banyak dijumpai hewan kurban dijual; seperti sapi, kambing, maupun domba. Ini untuk memenuhi minat dan kebutuhan kaum Muslimin untuk berkurban.

Dengan banyaknya pilihan tersebut, masyarakat yang ingin berkurban juga harus berhati-hati dalam membeli hewan yang akan dikurbankan.

Lantas, bagaimana ciri-ciri hewan kurban yang sehat dan layak agar tidak salah pilih? Menjawab hal tersebut, langsung saja simak penjelasannya berikut ini, sebagaimana telah MNC Portal rangkum.

Baca juga: Apakah Hewan Kurban Harus Jantan? 

Info grafis hewan kurban. (Foto: Okezone)

1. Ciri-ciri hewan kurban yang sehat

Setidaknya ada beberapa kriteria yang harus dicek sebelum membeli hewan kurban, baik itu sapi maupun kambing. Pastikan hewan tersebut sehat dan bebas dari penyakit. Adapun ciri-cirinya secara umum ialah:

- Berdiri tegap

- Bulu hewan bersih dan mengilap

- Tidak kurus dan lincah

- Cara bernapas normal

- Perhatikan lubang kumlah (lubang hidup dan mulut), harus bersih dan tidak berlendir, apalagi sampai mengeluarkan darah

- Suhu badan maksimal 39 derajat Celsius

- Tinja dan urine normal serta anus bersih

Baca juga: Apakah Boleh Patungan Hewan Kurban Kambing atau Domba? 

Lalu terdapat ciri-ciri yang menandakan hewan mengidap penyakit cacing hati yaitu saat disembelih, organ hatinya terdapat bercak warna putih seperti kapur serta ada lubang-lubang kecil yang menjadi tempat cacing bersarang.

Jikalau menemui kondisi seperti ini, tidak perlu panik, cukup pisahkan hati dengan daging lalu kubur di tanah. Adapun daging hewan yang mengidap cacing hati tetap layak dikonsumsi selama tidak terdapat pertanda yang cukup ganjil.

2. Ciri-ciri hewan kurban yang layak

Selanjutnya selain sehat, hewan yang akan dikurbankan juga harus memiliki standar kelayakan yang sesuai dengan medis maupun syariat Islam. Berikut ini ciri-ciri hewan kurban yang layak untuk dikurbankan:

- Hewan tidak pincang

- Hewan tidak buta

- Telinga hewan tidak rusak

- Untuk kambing atau domba, umur minimal lebih dari 1 tahun, ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap

- Lalu untuk sapi, umur minimal lebih dari 2 tahun yang ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Berkurban Tapi Tidak Menyaksikan Langsung Proses Penyembelihan, Ini Kata Ulama 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini