Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pentingnya Perbaikan Gizi 1.000 Hari Pertama Bayi untuk Cegah Stunting

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 02 Juli 2021 17:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 02 620 2434602 pentingnya-perbaikan-gizi-1-000-hari-pertama-bayi-untuk-cegah-stunting-PFaMLsNO7r.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PEMENUHAN gizi pada remaja dan ibu hamil bisa mengurangi faktor risiko stunting. Banyak cara yang bisa dilakukan, seperti pemberian asupan protein yang cukup.

Dituturkan Doddy Izwardi dari Kementerian Kesehatan, perbaikan gizi pada 1.000 hari pertama kehidupan penting dilakukan. Cara ini paling tepat sebagai upaya awal untuk mengatasi stunting.

"Selama ini yang kita diskusikan adalah stunting yang multifaktor, bicara pada bumil dan baduta. Keberhasilan pemenuhan gizi ini bisa mengurangi risiko bayi lahir dengan berat badan rendah," ujarnya saat webinar Diseminasi Hasil Kerja Sama GAIN-Kementerian Kesehatan, baru-baru ini.

stunting

Belum lagi dampak pemenuhan gizi remaja. Dikatakan bahwa bisa memutus mata rantai stunting.

Remaja adalah generasi pertama kehidupan yang harus dijaga. Pemenuhan gizinya, dengan pemberian protein cukup bisa mencegah generasi stunting.

"Remaja atau ibu hamil sangat butuh protein untuk cegah stunting dan ini memegang kunci ini, ikan ini makanan salah satu yang baik kaya protein," tambahnya.

Baca Juga: Pandemi Buat Orang Mudah Stres, Yuk Atasi dengan Yoga

Sementara itu, Prof dr Veni Hadju PhD dari Universitas Hasanuddin melakukan penelitian bersama mahasiswa di perguruan tinggi. Para mahasiswa menjadi kader dalam pencegahan stunting.

"Kita mencoba perkenalkan, kaji lebih jauh di Unhas kami mengajarkan ini kepada mahasiswa, kami mengembangkan modul yang sudah ada."

"Ini demo-demo untuk remaja putri dan bumil agar makan sayur dan buah," katanya.

Dia juga mengungkap bahwa di Sulawesi, penduduknya lebih banyak makan ikan, tapi sayur dan buah kurang. Lalu untuk di Pulau Jawa, orang banyak makan sayur dan buah, tapi konsumsi ikannya kurang.

Ikan menjadi sumber protein yang sangat diperlukan untuk mencegah stunting. Karenanya, baik anak remaja juga ibu hamil sangat penting mengonsumsi asupan protein ini dengan baik.

"Jadi kita optimis ke depan lebih baik dan menurunkan stunting," pungkas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini