Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Bahan Alami Pertolongan Pertama Meredakan Batuk Kering

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 25 Juli 2021 19:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 25 620 2445777 5-bahan-alami-pertolongan-pertama-meredakan-batuk-kering-taY9Vsg709.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)
A A A

BATUK memang sangat mengganggu kita melakukan kegiatan sehari-hari. Bisa jadi, karena batuk-batuk maka membuat tidur kita tidak nyenyak di malam hari.

Batuk pun tidak memerlukan obat-obatan yang mahal, cukup dengan pengobatan rumahan. Melansir Femina India, berikut 5 cara meredakan batuk kering dengan menggunakan bahan alami.

Madu murni

Madu adalah salah satu pengobatan rumahan tertua untuk batuk kering.ni memiliki efek antimikroba yang dapat meredakan infeksi bakteri atau virus ringan.

Ini adalah alternatif terbaik untuk orang dewasa maupun anak-anak, tetapi tidak boleh diberikan kepada anak-anak di bawah usia dua tahun. Madu memicu kelenjar ludah untuk menghasilkan lebih banyak air liur, yang pada gilirannya melumasi saluran udara Anda dan meredakan batuk Anda.

Batuk

Kunyit

Obat multifungsi lainnya adalah kunyit, yang mengandung kurkumin. Ini memiliki sifat anti-inflamasi, anti-virus dan anti-bakteri, jadi kunyit ini bermanfaat untuk beberapa masalah termasuk batuk kering.

Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri yang meningkatkan kekebalan serta membantu meredakan ketidaknyamanan.

Ini adalah salah satu pengobatan rumah yang efektif untuk batuk kering karena merupakan ekspektoran yang akan mengeluarkan lendir dan mengurangi intensitas serangan batuk.

Follow Berita Okezone di Google News

Obat kumur air garam

Dokter selalu menyarankan pasien untuk berkumur dengan air asin saat menggunakan pengobatan rumahan untuk batuk kering karena efektivitasnya dalam meredakan sakit tenggorokan.

Air asin bersifat osmotik, yang mengubah arah cairan. Itu menarik kelembaban dari daerah nyeri yang membantu dalam mengurangi pembengkakan serta iritasi yang disebabkan oleh batuk kering.

Ambil segelas penuh air hangat dan aduk dengan setengah sendok makan garam. Biarkan hingga dingin sebelum berkumur. Air asin harus tetap berada di belakang tenggorokan selama beberapa detik sebelum Anda memuntahkannya. Ulangi dan lakukan selama beberapa hari untuk efek yang tepat.

Thyme tea

Thyme telah digunakan sebagai obat sejak Wabah Hitam di Eropa. Ini mengandung senyawa yang bersifat antispasmodik, membantu mengendurkan otot-otot tenggorokan.

Selain sebagai obat rumah yang baik untuk batuk kering dan sakit tenggorokan, thyme juga mengandung sifat antioksidan yang meredakan masalah pencernaan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini