Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Meski Amankan Pole Position, Verstappen Sebut Kualifikasi F1 GP Belgia 2021 Sulit

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Minggu 29 Agustus 2021 03:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 29 620 2462723 meski-amankan-pole-position-verstappen-sebut-kualifikasi-f1-gp-belgia-2021-sulit-499NXhoSg9.jpg Max Verstappen dapat hasil manis di kualifikasi F1 GP Belgia 2021. (Foto: Reuters)

STAVELOT – Pembalap Tim Red Bull Racing, Max Verstappen, berhasil merebut pole position di Formula One (F1) GP Belgia 2021. Meski mendulang hasil manis, Verstappen menyatakan bahwa sesi kualifikasi yang berlangsung di Sirkuit Spa-Francorchamps, Sabtu 28 Agustus 2021 itu tak berjalan mudah dan bahkan sangat menantang.

Sebagaimana diketahui, para pembalap harus menghadapi hambatan saat mentas di sesi kualifikasi F1 GP Inggris 2021. Hal itu terjadi karena hujan deras mengguyur Sirkuit Spa sepanjang sesi kualifikasi.

Max Verstappen

Meski begitu, pembalap McLaren Racing, Lando Norris, sukses menjadi yang tercepat pada sesi Q1 dan Q2. Norris kemudian juga sempat menjadi yang tercepat di Q3. Namun, dia kemudian mengalami kecelakaan, saat kehilangan kendali di tikungan Radillion dan menghantam pembatas.

BACA JUGA: Lewis Hamilton Yakin Mercedes Makin Apik di Paruh Kedua F1 GP 2021

Kejadian itu langsung membuat sesi kualifikasi harus dihentikan sementara dengan bendera merah. Verstappen kemudian berhasil memaksimalkan keadaan, dan menjadi yang tercepat ketika kualifikasi dilanjutkan.

BACA JUGA: Hasil Kualifikasi F1 GP Belgia 2021: Max Verstappen Rebut Pole Position, Lewis Hamilton Ketiga

Pembalap berbendera Belanda itu mengakui jika kondisi di lintasan begitu sulit. Dia bahkan harus bekerja keras untuk menjaga mobilnya tetap berada di dalam lintasan.

“Sesi kualifikasinya yang sangat sulit. Sulit untuk menjaga mobil tetap berada di lintasan. Kami mengganti ban di waktu yang tepat. Kami juga dibantu dengan jeda yang panjang antara Q2 dan Q3,” kata Verstappen, sebagaimana dikutip Racing News 365, Minggu (29/8/2021).

“Tak mudah untuk beradaptasi dan kembali mempelajari kondisi lintasan. Namun, pada akhirnya kami berada di posisi pertama dan itu adalah hal yang paling penting. Lintasan yang menyenangkan, namun sangat menantang saat basah,” ujarnya.

Max Verstappen

Sementara itu, kejutan diberikan oleh pembalap Williams Racing, George Russel. Dia sukses membawa mobilnya menempati posisi kedua, di belakang Verstappen. Dia lalu juga mengungguli pembalap Mercedes-AMG, Lewis Hamilton.

Dengan kondisi ini, balapan sebenarnya di F1 GP Belgia 2021 pun dipastikan akan berjalan sangat seru dan menarik. Balapan sendiri akan berlangsung pada malam hari nanti.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini