Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menangi F1 GP Belgia 2021, tapi Max Verstappen Kecewa

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Senin 30 Agustus 2021 16:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 30 620 2463420 menangi-f1-gp-belgia-2021-tapi-max-verstappen-kecewa-6Tyv0MEKDJ.jpg Max Verstappen tidak puas dengan kemenangannya di F1 GP Belgia 2021 (Foto: Reuters)

STAVELOT – Balapan Formula One (F1) GP Belgia 2021 berlangsung di Sirkuit Spa-Francorchamps, Minggu 30 Agustus 2021, malam WIB. Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen, keluar sebagai pemenang dalam balapan yang hanya berlangsung dua lap karena hujan deras itu.

Balapan di Sirkuit Spa-Francorchamps itu digelar sebanyak dua lap di belakang Safety Car tanpa adanya persaingan kompetitif antara para pembalap. Hal itu terjadi setelah hujan deras mengguyur lintasan dan memaksa balapan ditunda selama beberapa jam.

Max Verstappen (Foto: Reuters)

Setelah 3 jam 44 menit, Direktur Balapan Federasi Otomotif Internasional (FIA), Michael Masi, memberi lampu hijau untuk melanjutkan balapan. Setelah dua lap, bendera merah tanda balapan tidak bisa berlanjut dikibarkan dan Verstappen dinyatakan sebagai pemenang.

BACA JUGA: Hasil Race F1 GP Belgia 2021: Verstappen Jadi Pemenang Usai Balapan Dihentikan karena Hujan, Pembalap Hanya Dapat Separuh Poin

“Kondisi trek lumayan, tapi visibilitasnya rendah. Jika kami mulai pada pukul 15.00 (waktu setempat), kami memiliki peluang yang lebih baik," kata Verstappen, dilansir dari Independent, Senin (30/8/2021).

"Ini adalah kemenangan tetapi bukan bagaimana Anda ingin menang,” tuturnya.

Ini adalah pertama kalinya dalam 71 tahun sejarah F1, balapan selesai dalam dua lap dan hasilnya tetap dihitung. Meski begitu, hanya setengah poin yang diberikan untuk para pembalap.

Sebagaimana diketahui, Sirkuit Spa dianggap sebagai salah satu trek paling berbahaya di kalender F1 karena 23 pembalap telah tewas di sini. Dua tahun lalu, pembalap Formula 2, Anthoine Hubert, kehilangan nyawanya dalam tabrakan beruntun yang melibatkan beberapa mobil.

Max Verstappen (Foto: Reuters)

Oleh karena itu, pihak penyelenggara tidak mau mengambil risiko untuk melanjutkan balapan karena cuaca sangat tidak mendukung. Mungkin, jika itu tetap dilansungkan hanya akan memakan banyak korban.

Sementara itu, hasil balapan F1 GP Belgia 2021 membuat jarak antara Lewis Hamilton (Mercedes AMG Petronas), sebagai pemuncak klasemen sementara, dengan Verstappen memendek. Kini, Hamilton mengumpulkan 202,5 poin, sedangkan 199,5 poin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini