Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terkesan Naik Kereta Istimewa ke Cirebon, Sandiaga Uno: Atraksi Buat Wisatawan

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 10 September 2021 10:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 620 2469162 terkesan-naik-kereta-istimewa-ke-cirebon-sandiaga-uno-atraksi-buat-wisatawan-h8G1FR5b7M.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Instagram/@sandiuno)
A A A

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno kembali melakukan visitasi ke desa wisata dalam kegiatan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Kali ini Sandi melakukan visitasi ke sejumlah desa wisata di Jawa Barat, dimulai dari Desa Wisata Gegesik Kulon, Cirebon, Jawa Barat.

Menariknya vitasi kali ini Menparekraf melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api, yakni berkesempatan menggunakan Kereta Istimewa dari KAI Wisata.

Kereta Istimewa yang ditumpangi Sandiaga ini merupakan salah satu layanan dari KAI Wisata. Menparekraf berangkat dari Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, tepat pukul 06.40 WIB.

Kemudian Sandiaga mengapresiasi produk yang dihadirkan KAI Wisata, sehingga dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan dalam menikmati perjalanan menuju destinasi.

Menurutnya, kereta Istimewa ini menerapkan pilar yang mendorong dalam pengembangan pariwisata ke depan yang berkualitas dan berkelanjutan.

Baca juga: Sandiaga Uno ke Eropa Pakai Jaket Kulit Asli Garut, Dikira Merek Terkenal Dunia

Sandiaga Uno

(Foto: Kemenparekraf)

"Di mana Kereta Istimewa ini menghadirkan inovasi yang dapat menjadi atraksi bagi wisatawan," katanya dalam keterangan resminya.

Terdiri dari dua gerbong, Kereta Istimewa adalah kereta yang didesain khusus dengan interior modern dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang di dalamnya.

Sebelumnya dua rangkaian kereta ini difungsikan sebagai kereta inspeksi dan diubah menjadi kereta komersial dan dijalankan secara khusus sebagai Kereta Luar Biasa (KLB).

Kemudian fungsi di setiap rangkaian memiliki berbagai fasilitas terdiri dari ruang masinis (depan dan belakang), ruang utama dengan satu sofa, ruang utama dengan dua tempat duduk menghadap ke depan, meja rapat, delapan tempat duduk di belakang ruang masinis, mini bar/pantry, bagasi, mushola, juga toilet.

Follow Berita Okezone di Google News

Sandiaga menjelaskan, berbagai fitur dan layanan yang dihadirkan Kereta Istimewa ini sesuai dengan tren berwisata ke depan, yaitu customize, localize, personalize, dan smaller in size.

Lebih lanjut, Kereta Istimewa hadir dengan format khusus dengan jarak dan waktu tempuh yang tidak jauh. Kereta ini juga memiliki kapasitas terbatas yakni maksimal 40 penumpang. Sehingga membuat perjalanan terasa lebih personal.

Baca juga: 33 Persen Masyarakat Sudah Divaksin Covid-19, Sandiaga Uno Bilang Begini

"Kereta Istimewa ini juga menerapkan pilar kedua yaitu adaptasi terhadap kondisi pandemi COvid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," kata Sandiaga

"Ini adalah kolaborasi antara dunia usaha dengan pemerintah, baik pusat dan daerah. KAI Wisata bisa menjadi game changer dan mitra strategis kami untuk bersama-sama memulihkan dan mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini