Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapal Wisata di Labuan Bajo Harus Penuhi Standar Keamanan dan Kenyamanan

Antara, Jurnalis · Sabtu 11 September 2021 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 11 620 2469777 kapal-wisata-di-labuan-bajo-harus-penuhi-standar-keamanan-dan-kenyamanan-CHW00Sp9CC.JPG Kapal wisata Phinisi di Labuan Bajo, NTT (Foto: Instagram/@pinisio)
A A A

ASOSIASI Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Nusa Tenggara Timur (NTT) mendorong pemerintah segera melakukan standarisasi kapal wisata di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, untuk menjamin kenyamanan dan keamanan wisatawan.

"Standarisasi kapal wisata ini mencakup spesifikasi kapal termasuk pemeliharaan mesin dan alat-alat keselamatan. Selain itu juga pelayanan kru saat berlayar dan tentunya semua dokumen yang dibutuhkan," kata Ketua Asita NTT, Abed Frans, Sabtu (11/9/2021).

Ia mengatakan, peristiwa terbakarnya kapal wisata jenis phinisi yang membawa sekitar 21 wisatawan di perairan Labuan Bajo, Manggarai Barat pada Jumat kemarin menjadi catatan penting perlunya standardisasi terhadap kapal-kapal wisata.

Baca juga: Menikmati Labuan Bajo dengan Kapal Kolosal Warisan Jusuf Kalla

"Kebanyakan kapal phinisi juga sekaligus berfungsi sebagai hotel saat wisatawan melakukan perjalanan LoB (Live on Board)," ucapnya.

Oleh sebab itu, kata dia bukan hanya keamanan saja yang perlu diperhatikan tetapi aspek kenyamanan juga masih sangat perlu ditingkatkan.

"Dari situlah wisatawan akan mendapat pengalaman yang sepadan dalam berwisata pada destinasi super premium Labuan Bajo," katanya.

Frans menambahkan pihaknya sudah sering menyuarakan agar ada standardsasi di bidang angkutan wisata di Labuan Bajo yang menyandang predikat destinasi super premium.

Follow Berita Okezone di Google News

Pihaknya berharap pemerintah melalui lembaga terkait bisa segera melakukan standardisasi pada bidang angkutan wisata di Labuan Bajo.

"Predikat destinasi super premium itu hendaknya juga diimbangi dengan peningkatan pelayanan yang sebanding dengan predikat itu sendiri," katanya

Terlebih saat ini kata dia, pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) juga tengah giat mencanangkan program sertifikat CHSE yaitu Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability (CHSE).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini