Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wakaf Miliki Potensi Besar, MUI Siapkan Program Unggulan

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 13 September 2021 13:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 13 620 2470502 wakaf-miliki-potensi-besar-mui-siapkan-program-unggulan-M8QtwEvY7M.jpg Ilustrasi wakaf. (Foto: Shutterstock)
A A A

WAKAF dinilai memiliki potensi besar mewujudkan ekosistem halal yang kuat. Ini bisa terwujud jika dikelola dengan baik. Lembaga Wakaf Majelis Ulama Indonesia (MUI) pun berkomitmen mendukung realisasi ekosistem tersebut.

Sekretaris Lembaga Wakaf MUI Guntur Subagja Mahardika mengatakan optimalisasi potensi wakaf uang dan wakaf produktif bisa mendukung halal supply chain, yaitu jaringan dalam rantai pasok yang dilakukan dengan tujuan menerapkan integritas halal pada proses pemerolehan bahan baku hingga mengantarkan produk pada konsumen. Seluruh proses yang terlibat dalam jaringan rantai pasok harus patuh pada hukum syariah.

Baca juga: Milenial Diajak untuk Memahami Literasi Zakat dan Wakaf 

"Jika wakaf dikelola dengan baik, maka wakaf itu akan menjadi ladang yang bermanfaat," kata dia dalam Webinar Prospek Wakaf yang dan Wakaf Produktif Membangun Halal Suply Chain, dikutip dari laman resmi MUI, Senin (13/9/2021).

Dia mencontohkan bentuk wakaf di Makkah yang manfaatnya bisa dirasakan sekarang oleh jamaah haji asal Aceh. Wakaf tersebut berasal dari tokoh ulama dari Aceh Habib Bugak Al Asyi.

Sosok yang hidup pada tahun 1800-an Masehi tersebut membeli sebidang tanah lalu mewakafkannya untuk jamaah haji asal Aceh. Di atas tanah tersebut kini berdiri penginapan.

"Setiap tahunnya jamaah haji asal Aceh menerima pembagian manfaat uang dari hasil pengelolaan wakaf dari Baitul Asyi. Per jamaah mendapatkan 1.200 riyal atau sekitar Rp4,5 juta," papar Guntur.

Baca juga: Saham hingga Deposito Syariah Layak Menjadi Aset Wakaf 

Lebih lanjut dia mengatakan Lembaga Wakaf MUI memiliki misi mengubah para mustahik menjadi muzaki dan menjadi wakif (orang yang mewakafkan hartanya).

Guna mendukung misi itu, pihaknya membeberkan sejumlah program unggulan Lembaga Wakaf MUI yaitu antara lain Bank Waqf Mikro MUI, Green House Aquaponik Pesantren, Rumah UMKM Halal Pusat Pengemasan dan Pemasaran, Green waqf MUI Tambak modern Udang vaname, serta Klinik MUI Healtcare.

Follow Berita Okezone di Google News

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini